Dianjurkan dan Disukai Rasullullah, Ini 7 Manfaat Olahraga Panahan

- Jumat, 30 Desember 2022 | 19:20 WIB
Ilustrasi olahraga panahan. (Unsplash/Trevin Rudy)
Ilustrasi olahraga panahan. (Unsplash/Trevin Rudy)

BERITABAIK.ID - TemanBaik, belakangan olahraga panahan kembali populer. Tidak hanya disukai oleh orang dewasa, saat ini olahraga panahan pun mulai disukai oleh anak-anak.

Besarnya antusiasme masyarakat terhadap olahraga yang satu ini membuat banyak klub panahan bermunculan di berbagai daerah.

Tidak hanya itu saja, saat ini mulai banyak kejuaraan-kejuaraan bermunculan untuk menjaring calon-calon atlet panahan unggulan.   

Meskipun olahraganya baru populer kembali di tanah air, akan tetapi memanah merupakan salah satu anjuran olahraga yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Shafira Berikan Support Wardrobe pada Acara Peresmian Masjid Raya Al Jabbar

Bukan tanpa alasan Rasulullah menganjurkan panahan sebagai olahraga pilihan karena memanah dapat melatih kita untuk belajar tenang serta mengatur emosi.

Sejarah Islam mencatat bahwa Malaikat Jibril diutus oleh Allah SWT untuk memberikan busur dan dua anak panah kepada Nabi Adam, yang digunakan untuk membunuh seekor burung yang mencuri tanaman miliknya.

Pada masa Rasululllah dan Khulafaur Rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Olahraga Ini Ampuh untuk Atasi Stres

Kamis, 2 Februari 2023 | 09:05 WIB

Kota Bandung Targetkan Juara Umum di Peparda 2022

Jumat, 11 November 2022 | 10:15 WIB
X