Dianjurkan Rasulullah, Ini Manfaat Berenang untuk Tubuh

- Jumat, 20 Januari 2023 | 14:05 WIB
Ilustrasi berenang. (Unsplash/Gentrit Sylejmani)
Ilustrasi berenang. (Unsplash/Gentrit Sylejmani)

 

BERITABAIK.ID - Berenang merupakan salah satu olahraga yang populer karena banyak diminati. Selain itu, cabang olahraga akuatik ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Di sisi lain, olahraga ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis.

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i).

Beberapa sumber menyebut, selain meningkatkan metabolisme, berenang diketahui dapat membantu memperbaiki masalah postur tubuh sekaligus melatih ketahanan otot. 

Namun, tidak hanya sampai di situ, manfaat berenang adalah hal yang tak boleh terlewatkan, karena bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga mental. 

Pasalnya, renang juga berguna sebagai pengalihan dari stres. Untuk manfaat renang selengkapnya akan dibahas berikut ini. 

1. Membangun Massa Otot

Salah satu manfaat renang adalah membangun massa otot, hal ini karena dalam gerakan renang, hampir seluruh otot tubuh bergerak melawan tekanan air.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Olahraga Ini Ampuh untuk Atasi Stres

Kamis, 2 Februari 2023 | 09:05 WIB

Kota Bandung Targetkan Juara Umum di Peparda 2022

Jumat, 11 November 2022 | 10:15 WIB

Mana Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Karakter Kamu?

Jumat, 30 September 2022 | 15:37 WIB
X