6 Olahraga Ini Cocok untuk Pengidap Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

- Kamis, 19 Januari 2023 | 13:05 WIB
Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol adalah dengan olahraga. (Pixabay)
Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol adalah dengan olahraga. (Pixabay)

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, mengidap kolesterol tinggi mungkin bukan berita baik buatmu. Akan tetapi, kamu bisa menekannya dengan kegiatan berolahraga.

Ya, perlu diketahui, beberapa sumber menyebut olahraga akan merangsang enzim yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (kolesterol LDL) dari darah ke hati. Kemudian, kolesterol diubah menjadi empedu untuk proses pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh.

Jadi, semakin sering kamu berolahraga, kolesterol jahat yang keluar dari tubuh pun semakin banyak. Hal ini akan menyebabkan penurunan kolesterol dalam darah.

Selanjutnya, olahraga membantu memperbesar partikel kolesterol LDL di dalam darah. Hal ini amat penting, sebab partikel LDL yang lebih kecil dan padat justru lebih berbahaya daripada partikel besar dan halus.

Partikel kolesterol berukuran kecil tersebut bisa lebih mudah menembus lapisan jantung dan pembuluh darah sehingga terjadilah penumpukan kolesterol jahat.

Lalu, olahraga apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol? Simak ulasannya, yuk! 

1. Bersepeda

Sebuah studi dari Journal of the American Heart Association menunjukkan kalau orang yang bersepeda ke tempat kerjanya cenderung tidak pernah mengalami peningkatan kolesterol daripada orang yang tidak bersepeda. 

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Olahraga Ini Ampuh untuk Atasi Stres

Kamis, 2 Februari 2023 | 09:05 WIB

Kota Bandung Targetkan Juara Umum di Peparda 2022

Jumat, 11 November 2022 | 10:15 WIB

Mana Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Karakter Kamu?

Jumat, 30 September 2022 | 15:37 WIB
X