slider
news-details
Musik
Sampul dari single terbaru Colderra yang berjudul 'Derisik'.

‘Derisik’, Suara Tak Berwujud ala Colderra

 

BERITABAIK.ID - Grup power metal asal Malang Colderra baru saja merilis single bertajuk ‘Derisik’. Lewat lagu ini, mereka coba menuturkan satu keadaan di mana ada kalanya seseorang selalu mendengar suara-suara sekitar namun tak berwujud.

‘Dersik’ menjadi single lanjutan pengantar album penuh ke-2 Colderra, sebelumnya 3 track yang dirilis duluan ‘Cracked’, ‘Holy Fire’ dan ‘Jouska’ mendapat banyak sorotan positif dari berbagai media.

Selain itu, ketiganya juga menembus belasan tangga lagu dari berbagai program stasiun radio, terutama radio-radio mancanegara. Bahkan ‘Jouska’ sampai hari ini masih bertengger di 10 besar tangga lagu Only Rock Radio, Spanyol.

Awalnya, lagu ini direncanakan rilis pada akhir 2022, namun terkendala berbagai hal.

“Kita bertiga kan punya kehidupan pribadi dan pekerjaan masing-masing, jadi karena harus ada prioritas aktivitas baru bisa rilis awal tahun 2023, selain itu akhir tahun kemarin kami lagi pada bokek,” ungkap para personel Colderra dalam keterangan resminya.

Secara filosofis, arti ‘Dersik’ menurut KBBI adalah desir atau suara angin, namun bagi Iwan sang vokalis artinya menjadi lebih luas secara penjabaran.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

“Entahlah kalau orang lain, kalau saya kadang di momen tertentu terutama saat sendiri di tempat sepi seperti ada suara-suara yang ngajak ngomong atau bisikin sesuatu. Cuman di pikiran atau memang ada Dzat yang melakukannya, saya juga gak bisa menjelaskan dengan pasti,” ungkap mereka.

Bagi pendengar Colderra, ‘Dersik’ akan terasa sangat berbeda dengan lagu-lagu lainnya. Komposisinya dibuat oleh sang drummer dan programmer Yasa Wijaya, yang sebelumnya hanya mendominasi di sektor teknis produksi. “Iseng aja sih bikin aransemen, terus tatunjukin ke personel lain dan aku kira bakal ditolak soalnya beda banget, lha kok malah suruh lanjut” kata Yasa.

Menjadi semakin terasa bedanya karena dalam komposisinya, ada suara latar dengan karakter vokal growl, membuat karakter lagunya jadi terasa lebih berisi secara penekanan nada.

“Waktu proses rekaman di studio lagi ada temen nongkrong namanya Jihad, dia vokalisnya Dawn Of Impurity dengan karakter scream and nge’growl. Pasti bakal lebih pas kalau dia ikut jadi backing karena konsep lagunya memang lebih berat dari sebelumnya, bukan featuring sih cuman bantuin jadi backing vokal,” jelas Iboer sang gitaris.

Seperti proses pembuatan artwork-artwork Colderra yang terdahulu, ‘Dersik’ juga menggunakan materi dari beberapa seniman dari  platform-platform berbagi gambar.

Baca Juga: Pamungkas Lanjutkan 'Birdy Southeast Asia Tour' di 12 Kota Indonesia

“Biasa, seperti yang dulu-dulu, nyari yang sesuai tema terus diedit biar pas, jadi gak otentik sih tapi saling menguntungkan buat semua yang terlibat” kata Iwan. “Kalau video lirik ‘Dersik’ ini hasil kerja sama dengan label kita dulu ‘Gerbang Sembilan’ dan ‘Metal Opera Webzine’ semoga aja ke depannya dapat terus kerja bareng,” lanjutnya.

Mereka juga menyampaikan ‘Derisik’ merupakan jembatan menuju album penuh keduanya.

“Maunya sih albumnya cepet rilis dan materi lagu juga sudah terkumpul, sudah terpaut jauh sejak ‘Quantum Imagination’ album debut 2018 lalu. Mudah-mudahan gabanyak hambatan dalam prosesnya kan kadang ada aja yang gak sesuai planning. Maklum, seringnya  band jadi nomer ke-sekian dari urutan prioritas” ungkap mereka.

Menyadur dari interpretasi mengenai single termutakhir Colderra ini, bisa jadi ‘Dersik”’yang terjadi di diri kita masing-masing adalah suatu penunjuk arah, agar kita bisa mengambil tindakan untuk menuju atau menggapai sesuatu. Tapi apa benar seperti itu? Atau memang hanya sekedar suara angin lalu.

TemanBaik, saat ini, single ‘Derisik’ dari Colderra sudah bisa kamu dengarkan melalui berbagai layanan pemutar musik digital. Selamat mengapresiasi! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Yuk Biasakan Bangun Pagi!

Ini 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh