bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi tidur siang.

Ini 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

 

BERITABAIK.ID - Beberapa di antara kita mengenang tidur siang sebagai kebiasaan di masa kecil. Menariknya, kebiasaan ini punya berbagai manfaat loh!

Beberapa sumber menyebut tidur siang yang dilakukan dengan benar diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Suasana hati yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas harianmu.

Yuk, kenali manfaat tidur siang lainnya melalui ulasan di bawah ini.

1. Menjaga Konsentrasi dan Kewaspadaan

Salah satu manfaat tidur siang adalah menjaga konsentrasi dan kewaspadaan. Pasalnya, tidur siang membantu menurunkan kadar adenosin di dalam otak yang berperan dalam menciptakan rasa kantuk. Hal ini membuat otak bisa bekerja dengan optimal sehingga konsentrasi dan tingkat kewaspadaan pun lebih terjaga.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Meningkatkan suasana hati diketahui juga menjadi salah satu manfaat tidur siang bagi wanita maupun pria. Tidur siang yang dilakukan dengan benar dapat memulihkan energi yang secara tidak langsung meningkatkan suasana hati.

Baca Juga: Sarling Jabar, Ridwan Kamil Luncurkan Sekoper Cinta di 80 Desa

Tidur siang juga diketahui dapat menurunkan risiko depresi. Hal ini dikarenakan tidur siang mampu memberikan efek relaksasi ketika kamu stres dan jenuh dengan rutinitas sehari-hari. 

3. Mengoptimalkan Daya Ingat

Tidur siang secara rutin dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah serta mengingat hal-hal yang baru dipelajari. Tidur siang bahkan diketahui bisa mencegah gangguan memori, seperti demensia dan pikun.

Namun, berbeda halnya apabila tidur siang dilakukan terlalu lama dan sering. Sebab hal tersebut justru dapat menjadi gejala dari demensia. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan waktu tidur siang yang ideal.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kelelahan dan stres yang dialami oleh seseorang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga: Pamungkas Lanjutkan 'Birdy Southeast Asia Tour' di 12 Kota Indonesia

Namun, kondisi ini bisa diminimalisasi dengan mencukupi waktu istirahat dan tidur, salah satunya melalui tidur siang. Tidur siang didapati mampu menurunkan produksi hormon stres, yaitu hormon kortisol, yang memicu peningkatan tekanan darah.

5. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat tidur siang berikutnya yaitu membantu meningkatkan produktivitas sehari-hari. Ini disebabkan tidur siang mampu meningkatkan fungsi otak, kecepatan psikomotor, respon, serta tingkat kewaspadaan.

Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah dan konsisten untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu cara menurunkan risiko penyakit jantung bisa dilakukan dengan mencukupi waktu tidur siang maksimal 30 menit per hari.

Hal ini sesuai dengan hasil studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Tokyo di Jepang di mana tidur siang selama 30 menit mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Canggih! Tim Bimasakti UGM Gagas Mobil Formula Student Hybrid

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat dari tidur siang terhadap kesehatan jantung. Namun tidak ada salahnya untuk menerapkan kebiasaan ini mengingat masih banyak benefit yang bisa didapat dari tidur siang.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kurang tidur juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Jadi, tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit secara rutin dapat membantumu mencukupi waktu tidur setiap harinya.

Tidur siang akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak, sehingga turut meningkatkan sistem imun. Tidur di siang hari juga mampu mengurangi kadar norepinefrin dan sitokin inflamasi yang mengendalikan sistem imun tubuh.

Tidur siang perlu dilakukan dengan tepat untuk memperoleh manfaatnya secara optimal. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

- Tidur siang di antara pukul 1 sampai 3 sore agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur malam dan tidak terlalu dekat dengan jam makan siang.

Baca Juga: Kerennya Tas Kulit Ramah Lingkungan Buatan Rayya Stories di Yogyakarta

- Durasi tidur siang paling baik adalah sekitar 20 hingga 30 menit. Hindari tidur siang berlebihan karena dapat menyebabkan insomnia pada malam hari.

- Ciptakan suasana yang nyaman dan tenang pada kamar tidurmu. Salah satunya dengan mengatur suhu udara kamar agar tetap sejuk menggunakan kipas angin atau air conditioner (AC).

- Gunakan penutup mata bila perlu agar tidur siang tidak terganggu oleh cahaya lampu atau sinar matahari yang masuk ke dalam kamar.

TemanBaik, yuk, seimbangkan diri kita di tengah aktivitas yang sedang padat-padatnya! **

Editor : Marshal Deru Bumi

‘Derisik’, Suara Tak Berwujud ala Colderra

Sarling Jabar, Ridwan Kamil Luncurkan Sekoper Cinta di 80 Desa