bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Kemenparekraf)

Jebolan Poltekpar NHI Bandung Sukses Buka Usaha Restoran Indonesia di Dubai

BERITABAIK.ID - Ketika kita tengah bepergian ke luar negeri, melihat restoran khas Indonesia seringkali menjadi kebanggaan tersendiri. Mungkin itu yang dirasakan pelancong Nusantara ketika melewati Restoran Haryanto yang bertempat di Nad Al Sheba 1, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Restoran bernama Haryanto Asian Fusion tersebut diambil dari nama pemiliknya, Haryanto. Dia adalah seorang alumni sekolah pariwisata Poltekpar NHI Bandung.

Haryanto mulai mengembangkan bisnis sekitar 10-15 tahun yang lalu. Saat ini restorannya mempekerjakan 12 orang pekerja yang seluruhnya berasal dari Indonesia.

Meskipun bercita rasa Indonesia dan Asia, kehadiran restoran ini mendapat respons positif di kalangan masyarakat setempat. Karena berbagai makanan asal Indonesia cukup populer di luar negeri.

Selain itu banyak menu makanan pada Restoran Haryanto yang bisa berkolaborasi dengan lidah warga masyarakat di distrik Meydan tersebut, sebagai pusat kota Dubai.

Restoran ini memiliki banyak variasi menu. Mulai dari masakan Indonesia seperti nasi goreng yang menjadi menu andalan, mie goreng khas Haryanto dengan daging wagyu, hingga ayam bali. Haryanto juga menyajikan makanan Asia seperti sushi, dimsum, ramen, dan siomay.

Dapat Pujian dari Menparekraf

Di sela-sela kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Dubai, ia menyempatkan mampir mengunjungi Restoran Haryanto pada Sabtu (06/01/2024).

"Hari ini saya bersyukur karena saya bisa langsung mengunjungi Haryanto Asian fusion ini karya daripada para alumni Poltekpar NHI Bandung yang berkumpul di Dubai untuk menciptakan satu sentra ekonomi kreatif Indonesia," ujar Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan apresiasi dan kekagumannya atas kehadiran Restoran Haryanto sebagai upaya mempromosikan kuliner Indonesia di UEA, terutama di Dubai. Ia turut mengapresiasi Haryanto selaku pemilik restoran dalam mengembangkan talenta Indonesia di pasar kuliner internasional.

Menparekraf mendorong lebih banyak anak-anak muda dan diaspora Indonesia untuk optimis mengembangkan bisnis kuliner sehingga dapat mendorong terciptanya lapangan kerja masyarakat.

Selain itu, Sandiaga menilai restoran ini juga sangat potensial untuk menjadi mitra Kemenparekraf dalam mengembangkan program Indonesia Spice Up the World.

"Jadi ini adalah bagian daripada kita mendorong program Indonesia Spice of the World sehingga bisa kita gunakan untuk promosi pariwisata kita," kata Sandiaga.

Sandiaga juga berpesan kepada agar generasi muda dan diaspora Indonesia untuk tidak ragu memulai bisnis kuliner di luar negeri.

"Mudah-mudahan banyak anak-anak muda kita lulusan Poltekpar NHI maupun juga lulusan yang lain terinspirasi dari kisah Haryanto." ungkap Sandiaga.

Sandiaga optimistis akan semakin banyak para pengusaha kuliner dari kalangan anak muda yang dapat membangkitkan ekonomi Indonesia.

"Jadi saya sangat bangga bahwa kita dipercaya dan Indonesia bisa menjadi juara bukan hanya di tanah air tapi juga di mancanegara," pungkas Sandiaga.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Mengenal Sosok Lisa Rumbewas, Srikandi Lifter asal Papua yang 3 Kali Raih Medali Olimpiade

Rumah Adat Sunda, Konsep Mitigasi Gempa Peninggalan Karuhun