bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita

Tim Pelajar Atletik Indonesia Bawa Pulang 7 Medali Emas, Raih Peringkat Ketiga di Sea Youth Athletics Championship 2023

BERITABAIK.ID - Tim pelajar Atletik Indonesia berhasil meraih peringkat tiga besar pada ajang 15th Sea Youth Athletics Championship 2023 di Thailand. Hingga hari terakhir kompetisi kontingen asal Indonesia meraih total 7 (tujuh) medali emas, 4 (empat) medali perak dan 6 (enam) medali perunggu pada ajang kompetisi di Pathum Thani, Thailand, Sabtu (09/12/2023).

Kompetisi Youth Championships 2023 berlangsung di Pathum Thani, Thailand sejak 6 Desember hingga 10 Desember 2023 di National Athletics Centre.

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Bayu Rahadian memberi apresiasi atas capaian prestasi diukir tim pelajar Atletik Indonesia. Ia turut berbangga dengan raihan medali yang melebih target.

"Target yang diharapkan adalah 4 (empat) emas dan performa luar biasa dari para atlet. Sampai pada akhir kompetisi ternyata dibuktikan dengan raihan total 7 (tujuh) medali emas, 4 (empat) medali perak dan 6 (enam) medali perunggu. Ini menurut saya capaian yang luar biasa," kata Bayu.

Indonesia telah meraih medali emas sejak pertandingan hari pertama pertama. Peraihan itu diwakili oleh atlet lompat tinggi galah, Maria Adriani Melabesy. dan atlet lempar lembing, Achmad Zaenuri. Keduanya menyumbangkan masing-masing 1 (satu) medali emas.

Pada hari selanjutnya, medali emas dikalungkan kepada atlet juara pertama tolak peluru, Afrizal Faiz.

Medali emas lainnya diraih oleh atlet pelari 2000m halang rintang steplecheese, Adinda Ayuningtyas, serta atlet Juliansyah, untuk nomor yang sama putra. Kemudian peraihan emas nomor 400m halang rintang didapatkan oleh Wildatul Husna.

Sementara pada hari terakhir, medali emas disumbang oleh pelari 1500m, Mutiara Oktarani Nurul Al-Pasha dan Yad Hafizudin di nomor yang sama putra. Sehingga ada total 7 (tujuh) medali emas yang didapatkan kontingen Indonesia.

Keberhasilan ini tidak lepas dari manajer tim pelajar Atletik Indonesia, Rumini, yang ikut memberikan arahan dan petunjuk dalam pelaksanaan pertandingan agar seluruh atlet dapat memaksimalkan kemampuannya dalam kompetisi ini.

Rumini menyampaikan bahwa persiapan atlet sudah lama, yakni sejak diselenggarakan kejuaraan-kejuaraan PB PASI, POPNAS, Kejurnas PPLP se-Indonesia, sehingga pemilihan atlet pun sudah sangat dipersiapkan.

Pencapaian medali sampai pada hari terakhir kompetisi telah menjadikan Indonesia menduduki posisi peringkat 3 (tiga) besar pada ajang kompetisi ini. Kompetisi ini juga diikuti oleh 7 (tujuh) Negara di Asia Tenggara dan berakhir pada hari ketiga. Kompetisi ditutup dengan hasil peringkat pertama oleh Vietnam dan disusul peringkat kedua oleh tuan rumah Thailand.

Total kontingen atlet yang dikirimkan ke ajang 15th Sea Youth Athletics Championships 2023 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berjumlah 35 atlet, terdiri dari 20 putra dan 15 putri untuk mengikuti 31 nomor dari 37 nomor.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Dirikan Indonesia Tourism Fund, Pemerintah Indonesia Siap Promosikan Pariwisata Tanah Air di Mata Dunia

Bioskop Bisik: Nonton Asik Bareng Teman Netra