bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita

Bioskop Bisik: Nonton Asik Bareng Teman Netra

BERITABAIK.ID - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember, Yayasan Sahabat Pipi Merah dan Rumah Peduli Usaha Disabilitas bersinergi dengan AEON Mall Tanjung Barat dan Cinema XXI menggelar acara khusus "Bioskop Bisik” pada Minggu (10/12/2023).

Acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman sinematik yang inklusif bagi seluruh komunitas, khususnya tunanetra.

Pukul 8.30 WIB, pintu AEON Mall Tanjung Barat XXI dibuka untuk menyambut peserta acara dan para relawan bisik. Suasana hangat dan ramah terasa sejak awal, tak hanya itu teman netra terlihat sudah tidak sabar untuk menyaksikan film Budi Pekerti dari Studio Rekata.

Saat kegiatan Bioskop Bisik berlangsung, para relawan bisik akan membantu teman netra menikmati film dengan membantu menjelaskan adegan ataupun setting film pada saat tidak ada dialog.

“Terimakasih kepada relawan bisik yang telah membantu saya mendalami cerita film tadi. Sungguh jadi pengalaman luar biasa karena ini merupakan kali pertama saya bisa mengikuti bioskop bisik setelah 4 tahun menunggu” kata Khamal, teman netra yang mengikuti kegiatan hari ini dikutip dari keterangan resminya.

Acara ini tidak hanya menjadi peringatan Hari Disabilitas Internasional, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mewujudkan dunia yang lebih inklusif dan ramah disabilitas.

Amelia, General Manager Mall Operation AEON MALL Tanjung Barat menyatakan mendukung kegiatan Yayasan Sahabat Pipi Merah.

“Kami senang dapat mendukung kegiatan dari Yayasan Sahabat Pipi Merah dan Rumah Peduli Usaha Disabilitas dengan adanya kegiatan nonton bareng Bioskop Bisik film Budi Pekerti. Kegiatan ini tentunya menjadi semangat baru bagi sesama kami untuk merayakan kesetaraan dan tidak adanya perbedaan di Hari Disabilitas Internasional ini,” kata Amelia.

Amelia juga menyebut AEON Mall Tanjung Barat berkomitmen menjadi shopping mall yang ramah untuk semua khalayak.

“AEON MALL Tanjung Barat berusaha dan berkomitmen untuk menjadi shopping mall yang ramah untuk semua khalayak termasuk teman-teman disabilitas dengan menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet khusus hingga parkiran khusus untuk kenyamanan dan kesetaraan bagi semua,” lanjutnya.

Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, menyatakan dukungannya untuk Yayasan Sahabat Pipi Merah yang menyelenggarakan nonton bareng Bioskop Bisik ini.

“Sebagai bagian dari ekosistem perfilman Indonesia, kami berkomitmen untuk konsisten memperkuat budaya nonton film di bioskop, sebagai salah satu cara mengapresiasi hasil karya anak bangsa. Oleh karenanya, kami berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan kegiatan nonton bareng bagi masyarakat dengan keterbatasan. Pada kesempatan ini, kami mendukung Yayasan Sahabat Pipi Merah yang bekerjasama dengan Rumah Peduli Usaha Disabilitas dan AEON Mall Tanjung Barat untuk menyelenggarakan nonton bareng (nobar) Bioskop Bisik film Budi Pekerti,” kata Dewinta.

Ia menambahkan bahwa selain menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR), dukungan untuk kegiatan nonton bareng Bioskop Bisik film Budi Pekerti ini sejalan dengan komitmen Cinema XXI untuk menjadikan bioskop sebagai rumah kedua untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

Bioskop Bisik Bersama Tunanetra berhasil menciptakan momen yang penuh inspirasi dan kehangatan. Kolaborasi antara Yayasan Sahabat Pipi Merah, Rumah Peduli Usaha Disabilitas, AEON Mall Tanjung Barat, dan Cinema XXI memberikan bukti nyata bahwa seni perfilman dapat dinikmati oleh semua, tanpa terkecuali.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Tim Pelajar Atletik Indonesia Bawa Pulang 7 Medali Emas, Raih Peringkat Ketiga di Sea Youth Athletics Championship 2023

Rakor Lintas Sektoral, Bey Machmudin Harapkan Libur Nataru Aman Kondusif