bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Kovo)

Megawati Hangestri Pertiwi, Atlet Voli Kebanggan Indonesia yang Masuk Tim All-Star V-League Korea Selatan

BERITABAIK.ID - Megawati, pebola voli putri asal Indonesia resmi masuk ke Tim All-Star Liga Voli Korea V-League untuk musim 2023/2024. Ia menjadi atlet voli asal Indonesia pertama yang menjadi bagian dari skuad bergengsi tersebut.

Tim All-Star terdiri dari pemain-pemain terbaik yang telah berpartisipasi dalam lebih dari setengah permainan klub, dalam tiga set atau lebih di akhir babak kedua. Permainan Megawati telah mendapatkan pengakuan dari para penggemar bola voli di Korea Selatan.

Pemilihan pemain Tm All-Star Liga Voli Korea V-League 2023/2024 melibatkan sistem voting dari penggemar. Pemilihan tersebut dilakukan secara online lewat situs resmi Federasi Bola Voli Korea (KOVO) pada 5-11 Desember lalu.

Akan ada 40 pemain terpilih yang masuk ke All-Star Liga Voli Korea V-League 2023/2024. Megawati termasuk satu di pemain terpilih yang akan tampil dalam ajang spesial tahunan tersebut. Rencananya, game tersebut akan dilaksanakan di Samsan World Gymnasium, Incheon pada 27 Januari 2024.

Megawati Hangestri Pertiwi resmi bergabung di klub bola voli Korea Selatan asal Daejeon, CheongKwanJang Red Sparks sejak Juli 2023. Sebelumnya, ia membela klub Jakarta Pertamina Fastron di Proliga 2023.

Atlet yang kerap dijuluki Megatron ini membantu Red Parks meraih deretan kemenangan. Bahkan Megawati terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) pada putaran pertama Liga Voli Korea Selatan atau V-League 2023-2024.

Perjalanan Megawati untuk mencapai ke titik saat ini bukanlah jalan yang ia tempuh dengan waktu singkat. Perempuan kelahiran Jember, 20 September 1999 ini masih berusia 11 tahun ketika pertama kali terjun di di dunia voli.

Namun, tidak perlu waktu lama untuk Megawati sebelum memulai karirnya sebagai atlet, ia terpilih ke dalam skuad Jawa Timur di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 ketika usianya baru 14 tahun.

Klub profesional pertama yang Megawati bela adalah skuad Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama 2015. Kemudian di Proliga, ia membela tim Jakarta Pertamina Fastron sejak 2015 hingga 2017, sebelum akhirnya kembali bergabung di musim 2022.

Ia sempat berpindah tim pada 2018 untuk membela Jakarta BNI 46 dan Bandung BJB Tandamata sebagai wakil Indonesia pada Grand Prix ASEAN 2022.

Karir di Korea Selatan bukan satu-satunya klub luar negeri yang pernah Megawati jajal. Pada 2021, ia pernah membela klub Thailand Supreme Chonburi-E.Tech pada Liga Bola Voli Putri Thailand selama satu musim. Kemudian di tahun selanjutnya, ia membela klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa pada Liga Bola Voli Vietnam setelah Proliga 2022 usai.

Megawati menjadi timnas voli putri yang membela Indonesia sejak 2017 dalam ajang Pesta Olahraga Asia 2017. Hingga kini ia masih menjadi salah satu pemain voli putri yang membanggakan untuk timnas.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Sesak Rilis Single Kedua Bertajuk 'Karam'

Bey Sebut Jabar Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U- 17 Tahun 2023