bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Peringati Hari Disabilitas, Beauwaste Inclusive Fun Run Festival Sukses Digelar

BERITABAIK.ID - Memperingati Hari Disabilitas yang jatuh pada tanggal 3 Desember, Yayasan Bumi Inklusi Berdaya bersama komunitas Kedodorun mengadakan BeauwastE Inclusive Fun Run & Festival di Wyata Guna, Bandung pada Minggu, (17/12/2023).

Inclusive Fun Run ini mengajak teman-teman disabilitas untuk berlari bersama dan mengajak masyarakat umum untuk bergabung dan menjadi pendamping.

Mengusung tema "Berani Berlari", acara ini bertujuan mengajak teman-teman disabilitas untuk berani berlari dan membuktikan bahwa apapun bisa dilakukan meski dengan keterbatasan.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Poppy Diah Puspitosari, SpKK selaku bagian dari Yayasan Bumi Inklusi Berdaya.

"Temanya 'Berani Berlari', yang mungkin selama ini mereka merasa bahwa sebagai penyandang disabilitas mereka tidak bisa berolahraga, apalagi lari. Hari ini kita buktikan bahwa dengan cara apapun dengan keterbatasan apapun sebenarnya mereka bisa," kata dr. Poppy.

Terdapat 300 peserta yang mendaftar, terdiri dari 100 orang penyandang disabilitas, dan 200 orang pendaftar umum. Dr. Diah mengatakan tak hanya dari Bandung, terdapat pula pendaftar dari luar kota.

Selain berlari bersama, terdapat festival yang berisi talkshow bersama narasumber-narasumber dan dihadirkan tenan yang menyediakan sarana atau wahana untuk penyandang disabilitas.

Beberapa pengisi tenan festival yaitu Pusat Mata Nasional Cicendo, PSBN Wyata Guna, Perdosri Jawa Barat, Universitas Telkom, NPCI Jawa Barat, Dinas Sosial Jawa Barat, Rumah Musik Harry Roesli, dan bazaar makanan dari para penyandang disabilitas.

Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang adanya penyandang disabilitas yang juga memiliki kemampuan. Serta mengajak masyarakat umum untuk berbaur dan berinteraksi bersama teman-teman disabilitas.

Selain itu, acara ini merupakan sarana untuk memperkenalkan sebuah projek gagasan Yayasan Bumi Inklusi Berdaya yaitu Beauwaste. Sebuah projek yang merupakan sebuah usaha mengurangi sampah bekas kemasan skin care melalui pemberdayaan disabilitas.

dr. Poppy berharap dengan adanya acara ini dapat mempercepat masyarakat inklusi dan Beawaste bisa mendapat dukungan dari masyarakat untuk memberdayakan teman-teman disabilitas.

"Secara garis besar bisa mempercepat masyarakat inklusi, kemudian mudah-mudahan program kami mendapat dukungan dari masyarakat utamanya program Beauwaste karena kami ingin bisa lebih besar dan lebih banyak memberdayakan teman-teman disabilitas," tutup dr. Poppy.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

The Evolution of Motherhood, Sajian Acara yang Tepat untuk Keluarga Muda

5 Kota dan Kabupaten Ini Jadi Role Model Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia