bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

5 Kota dan Kabupaten Ini Jadi Role Model Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

BERITABIAK.ID - Keputusan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Tentang Penetapan KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif Indonesia 2023 telah diserahkan kepada 5 Kepala Daerah KaTa Kreatif Indonesia 2023 pada acara acara Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Rakornas Parekraf) 2023 yang berlangsung di The Trans Luxury Hotel, Bandung, pada Rabu (13/12/2023).

Kelima Kabupaten/Kota tersebut adalah Kabupaten Banyumas, Kota Makassar, Kabupaten Batang, Kabupaten Batang, Kota Pangkalpinang, dan Kabupaten Sleman dengan subsektor ekonomi kreatif unggulannya masing-masing.

Penetapan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia merupakan bentuk pengakuan secara nasional kepada kabupaten/kota yang secara konsisten telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif di wilayahnya dan daerah ekosistem sekitarnya.

Berikut adalah kelima KaTa Kreatif dan subsektor unggulan yang dimiliki dan mendapat penghargaan dari Kemenparekraf

Kabupaten Banyumas - Seni Pertunjukan

Banyumas memiliki kesenian yang kental. Berdasarkan letak geografisnya, kesenian ini mendapatkan pengaruh dari pusat kebudayaan keraton Mataram Yogyakarta dan Surakarta. Namun seiring perkembangan zaman, Banyumas memiliki karakternya sendiri, yaitu sebuah entitas kebudayaan ngapak.

Kota Makassar - Kuliner

Makassar memang sejak lama terkenal akan aneka ragam kulinernya yang memanjakan lidah. Cita rasa khasnya datang dari bumbu yang berempah. Mulai dari Coto Makassar, Pallu basa, hingga Es Pisang Ijo sebagai kudapan turut mewarnai kuliner di kota ini.

Kabupaten Batang - Kriya

Jika mengunjungi Batang, hasil kriya dari daerah ini tidak boleh dilewatkan untuk dibawa pulang sebagai cenderamata. Banyak bisnis individu maupun kelompok di kelas kecil dan menengah menekuni usaha kriya di Batang. Termasuk dengan memanfaatkan limbah di sekitar.

Kota Pangkalpinang - Kuliner

Pangkalpinang merupakan produsen otak-otak paling besar di Bangka Belitung, sehingga kuliner menjadi subsektor ekonomi kreatif unggulan yang dimilikinya.

Melansir dari asatuonline, menurut Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Susi Erawati mengatakan, “Otak-otak, dengan produksi yang terintegrasi dari hulu ke hilir, telah menjadi produk unggulan yang menempatkan Pangkalpinang sebagai daerah dengan industri otak-otak terbesar di Bangka Belitung.”

Kabupaten Sleman - Film, Animasi dan Video

Adanya permintaan dari jaringan televisi internasional kepada salah satu studio animasi di Kabupaten Sleman menjadi bukti bahwa Sleman tidak kalah saing dalam kualitas di subsektor film, animasi dan video.

Ini juga tidak bisa lepas dari akademisi, Pengusaha, komunitas, media massa dan pemerintah yang mendukung subsektor ini di Kabupaten Sleman, sehingga dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Itulah kelima kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan KaTa kreatif. Sandiaga juga berharap, penghargaan ini mampu mendorong kabupaten/kota lain agar lebih inovatif, adaptif, dan kolaboratif meningkatkan kinerja ekonomi kreatif dan memajukan kesejahteraan masyarakat di wilayah masing-masing.

Selain 5 kabupaten/kota yang ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Indonesia 2023, Kemenparekraf juga memberikan apresiasi kepada Kota Surakarta sebagai salah satu dari 55 anggota yang tergabung dalam UNESCO Creative Cities Network (UCCN) periode tahun 2023 dari Indonesia.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Peringati Hari Disabilitas, Beauwaste Inclusive Fun Run Festival Sukses Digelar

Keren! Warga Pancoran Ubah Limbah Kotoran Ternak Jadi Energi Biogas