bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Briptu Renita Rismayanti Petugas Basis Data Kriminal di Misi PBB di Republik Afrika Tengah ((c) PBB di Indonesia. (dok. PBB)

Bikin Bangga! Briptu Renita Raih Penghargaan Polwan Terbaik PBB 2023

BERITABAIK.ID - Kabar membanggakan dari Polisi Wanita Briptu Renita Rismayanti. Baru-baru ini Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa Briptu Renita Rismayanti akan menerima Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB Tahun 2023.

Ia akan mendapatkan penghargaan ini pada tanggal 16 November 2023 dalam acara tahunan Pekan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berlangsung di Markas Besar PBB pada 13-17 November 2023.

Briptu Renita bertugas sebagai Petugas Basis Data Kriminal atau Crime Database Officer di Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

Dalam perannya ini,ia membantu mengonsep dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan Polisi PBB dapat memetakan dan menganalisa titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan yang akan membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi mereka dengan lebih baik dalam mendukung penduduk setempat.

Wakil Sekretaris Jenderal untuk Operasi Perdamaian, Jean-Pierra Lacroix menyebut inovasi dan upaya Renita dalam memanfaatkan data dalam pemeliharaan perdamaian PBB memberikan kontrubusi yang signifikan.

"Inovasi dan upaya Sersan Satu Polisi Rismayanti dalam memanfaatkan data dalam pemeliharaan perdamaian PBB dan kepolisian Republik Afrika Tengah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan keamanan bagi masyarakat yang rentan, termasuk perempuan dan anak perempuan," ujar Jean dalam keterangan resmi PBB.

Ia juga menyebut Renita menjadi contoh yang baik tentang partisipasi dan kepemimpinan perempuan.

"Ia menjadi contoh yang baik tentang bagaimana partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam pemeliharaan perdamaian meningkatkan efektivitas pekerjaan perlindungan dan pembangunan perdamaian kami untuk menghadapi tantangan hari ini dan masa depan dengan lebih baik," lanjut Jean.

Renita mengatakan bahwa ia merasa beruntung dapat menggunakan kemampuan teknologinya untuk meningkatkan keamanan bagi masyarakat di seluruh Republik Afrika Tengah.

“Saya berharap visibilitas yang didapat dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di kalangan perempuan dan anak-anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita," kata Renita.

Pada usia 27 tahun, Renita adalah pemenang Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB termuda yang pernah ada.

Ia memulai karirnya di Kepolisian Republik Indonesia sebagai petugas informasi publik pada tahun 2014 dan juga pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.

Penasihat Kepolisian PBB, Faisal Shahkar mengatakan, Renita mewakili masa depan kepolisian PBB.

“Setelah mencapai banyak hal dengan merangkul teknologi di bidang yang secara tradisional didominasi oleh laki-laki, Sersan Satu Polisi Rismayanti mewakili masa depan kepolisian Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Faisal.

"Ia dan rekan-rekannya membantu membangun kepercayaan dan keyakinan antara otoritas lokal dan masyarakat, yang membuat pekerjaan Polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi lebih efektif dan masyarakat menjadi lebih aman," lanjutnya.

Penghargaan Petugas Polisi Wanita PBB Tahun ini didirikan pada tahun 2011 untuk mengakui kontribusi luar biasa dari petugas polisi wanita dalam operasi perdamaian PBB dan untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Atasi Masalah Sampah, Bey Machmudin Serap Aspirasi Warga

Mengenal Kayseri, Kota Tua di Turki yang Menjadi Saksi Sejarah Anatolia