bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Humas Jabar)

Bertemu Forkopimda Purwakarta, Bey Machmudin: Cegah Perundungan dengan Persuasif

BERITABAIK.ID - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mendorong Pemerintah Daerah kabupaten dan kota mengantisipasi kasus perundungan (bully) oleh pelajar yang belakangan kembali marak.

Menurut Bey, perlu langkah efektif, persuasif, dan humanis dengan menyinergikan sekolah, anak- anak, orang tua, hingga kepolisian setempat, guna memberikan pembinaan karakter kepada pelajar.

"Bagaimana cara paling efektif apakah secara persuasif. Kalau hukum kan di bawah umur," ujar Bey Machmudin usai Silaturahmi bersama Forkopimda Kabupaten Purwakarta, di Pendopo Bupati Purwakarta, Kamis (5/10/2023).

Bey mengapresiasi langkah Polres Purwakarta yang menurunkan tim penyuluh yang membina sekolah- sekolah dengan memberikan pemahaman kepada murid tentang pentingnya menghormati dan mendukung sesama teman sekelas.

Di samping itu, kata Bey, perlu dipererat hubungan emosional anak dan orang tua. Sehingga menumbuhkan kesadaran anak akan arti penting keluarga, serta perjuangan orang tua dalam membesarkan buah hati.

"Intinya harus ada program- progam humanis supaya anak- anak belajar, karena perundungan ini (persoalan) berulang, pihak sekolah pun perlu antisipasi," kata Bey Machmudin.

Wakapolres Purwakarta Kompol Ahmad Mega Rahmawan, menyebut bahwa persoalan remaja di wilayah hukumnya cukup kompleks dan beragam, termasuk soal perundungan hingga tawuran.

"Terakhir kita baru saja melakukan serah terima kepada orang tua sebanyak 13 orang anak yang diamankan di Polsek Darangdan Purwakarta, anak -anak SMP yang siap tawuran dengan anak- anak lain di Kabupaten Bandung Barat," kata Ahmad.

Polres Purwakarta kerap berkomunikasi dengan pihak sekolah dalam upaya membentuk generasi muda yang berkarakter dan beradab.

"Kemudian pihak sekolah mengundang orang tua, di sekolah anak dan orang tua dipertemukan. Kemudian diberi pengertian bahwa orang tua berusaha keras membiayai kehidupan sehari- hari," katanya.

Maka dengan mempererat hubungan emosional anak dan orang tua, diharapkan hadir kesadaran yang tumbuh dari hati. Sehingga anak tumbuh dengan karakter yang lebih baik dan terhindar dari mental perundung (pelaku bully).

Sementara itu, Penjabat Bupati Purwakarta Benny Irwan mengapresiasi kehadiran Penjabat Gubernur Bey Machmudin untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda Purwakarta.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

MTV EMA 2023 Umumkan Deretan Artis yang Masuk Nominasi, ada Musisi Indonesia!

Bey Dorong Kabupaten Karawang Siapkan Integrasi Transportasi dari Stasiun Kereta Cepat