• Selasa, 27 September 2022

Petaling Jaya Malaysia Jadikan Bandung Command Center Inspirasi Smart City

- Senin, 8 Agustus 2022 | 14:09 WIB
Wakil Wali Kota Petaling Jaya, Sharipah Marhaini mengaku sangat terinsipirasi dengan Bandung Command Center (BCC) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. (Humas Kota Bandung)
Wakil Wali Kota Petaling Jaya, Sharipah Marhaini mengaku sangat terinsipirasi dengan Bandung Command Center (BCC) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. (Humas Kota Bandung)

BERITABAIK.ID - Pemerintah Kota Petaling Jaya (PJ) Malaysia menjadi kota pertama di Malaysia yang memiliki command center untuk pengembangan smart city.

Wakil Wali Kota Petaling Jaya, Sharipah Marhaini mengaku sangat terinsipirasi dengan Bandung Command Center (BCC) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Oleh karena itu, Sharipah menyatakan, bakal bekerja sama dengan Pemkot Bandung untuk mengembangkan program Smart City di Petaling Jaya.

"PJ sangat terinspirasi dengan Smart City Kota Bandung. Maka dari itu, Pemerintah PJ ingin mengirimkan 4 staf terpilih untuk ditempatkan di kantor Balai Kota Bandung belajar berkaitan dengan smart city secara mendalam. Sebab sistem-sistem yang sekarang pasti sudah lebih advance," ujar Sharipah saat kunjungan kerja ke Balai Kota Bandung pada Senin, 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemkot Bandung dan Kementerian PUPR Bakal Bangun Rusun Cisaranten

Kerja sama PJ dengan Kota Bandung telah terjalin sejak 2015. Namun, sejak pandemi Covi-19 menerpa, hubungan kedua belah pihak sedikit pasif. Kini, pihak PJ ingin menjalin kembali beragam kolaborasi dengan Kota Bandung.

Beberapa kolaborasi yang telah terjalin sejak 2015-2020 antara lain di bidang seni budaya, pendidikan, perdagangan, dan teknologi.

"Tahun 2019 kita pernah bersama menyelenggarakan Youth Leadership Camp (YLC). Ada 12 pelajar dari Kota Bandung ikut YLC di Petaling Jaya. Salah satunya Nazma Alia Zahira. Kami sangat kagum dengan dia saat menjelaskan transformasi pendidikan di Indonesia," kata Sharipah dalam siaran persnya.

Dia juga mengaku sangat tertarik dengan cara para pelaku usaha di Kota Bandung dalam mengemas produk-produknya.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukar Sampah Jadi Berkah di Acara Great Bandung

Sabtu, 24 September 2022 | 17:20 WIB

Boseh Bike Kini Hadir di Kawasan Summarecon Bandung

Jumat, 23 September 2022 | 12:15 WIB

Ridwan Kamil Bantu Keluarga Yatim di Kota Bekasi

Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB
X