bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Imunisasi.

Yuk, Bawa Balita Ikut Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022

BERITABAIK.ID - Pemprov Jabar mengajak orangtua yang memiliki balita untuk berpartisipasi dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 selama Agustus 2022 ini.

Pemerintah menyediakan vaksin campak rubela untuk anak usia 9-59 bulan dan 12-59 bulan untuk mendapatkan Imunisasi Kejar (OPV (polio tetes) , IPV (polio injeksi), Pentabio (DPT-HB-Hib).

Masyarakat yang memiliki balita diharapkan memanfaatkan momentum tersebut karena vaksin yang disiapkan membuat anak sehat, aman untuk anak, dan halal.

Imunisasi Dasar dan Imunisasi Kejar tersebut dapat diperoleh di rumah sakit, puskesmas, sekolah-sekolah, pesantren, PAUD dan juga kelompok bermain di 27 kota/kabupaten di Jabar.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Jabar Dewi Sartika menargetkan 3,4 juta balita mendapatkan imunisasi campak rubela selama BIAN berlangsung ini. Kemudian untuk Imunisasi Kejar menargetkan 4,09 juta balita.

Untuk imunisasi dasar, lima daerah jadi prioritas yaitu Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. 

Sementara untuk Imunisasi Kejar, 17 kota kabupaten masuk prioritas tinggi dan 10 masuk prioritas medium.

"Kami harap capaiannya bisa seperti tahun 2017 lalu, ketika capaian imunisasi saat itu mencapai 95 persen," ujar Dewi pada Jabar Punya Informasi (Japri) Vol 99 di Taman Museum Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (1/8/2022).

Dewi mengatakan, sejumlah upaya dilakukan Pemprov Jabar mulai dari sosialisasi yang telah dilaksanakan sejak tiga bulan yang lalu menggunakan segala platform.

Namun kesuksesan BIAN seutuhnya tidak hanya bisa dicapai oleh pemerintah sendirian.

Dengan skema pentaheliks atau melibatkan akademisi, pengusaha, komunitas, dan juga media didorong turut menyukseskan BIAN 2022 di Jabar kali ini.

"Kami kerja sama dengan stakeholders terkait mulai dari persiapan untuk imunisasi. Kemudian dengan swasta dengan komunitas-komunitas kabupaten kota, PKK, karang taruna, dan pramuka," kata Dewi dalam siaran persnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga dengan pemerintah daerah bekerja sama dalam mempersiapkan sarana dan prasarana.

Selain itu pemerintah pun berkoordinasi dengan perguruan tinggi dan Komisi Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMDA KIPI) Jabar.

Tangkal Hoaks dan Tempat Imunisasi Menyenangkan
Sementara itu, Dewi pun mengatakan, sosialisasi terus digencarkan terutama untuk menangkal atau mengantisipasi hoaks terkait imunisasi di tengah masyarakat, sehingga menurunkan minat warga untuk membawa anaknya ke tempat imunisasi.

Menurut Dewi, vaksin yang digunakan pada BIAN 2022 ini telah dipastikan aman dan halal sehingga jangan dijadikan keraguan untuk memberikan imunisasi pada balita.

"Kami pastikan, tadi kami rakor dengan Bu Atalia selaku tim penggerak PKK dan kemudian posyandu sampai dinas pendidikan karena sekolah jadi tempat imunisasi dan bermitra sama perusahaan agar tempat imunisasi dibuat menyenangkan," kata dia.

"Poinnya adalah tempat imunisasi tidak membuat segan orangtua, jadi orangtuanya nyaman kemudian anak-anaknya suka," tambahnya.

Dewi pun berpesan, vaksin yang diberikan pada BIAN 2020 aman dan halal sehingga jangan ada keraguan orang tua untuk mengantarkan anaknya ke tempat imunisasi. Jadikan imunisasi pada anak sebagai investasi untuk anak.

"Investasi bukan emas atau rumah saja. Anak yang luar biasa, anak jadi sehat cerdas itu pun investasi. Anak sehat jadi generasi penerus dan mandiri," tutupnya.***

 

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Indeks Keterbukaan Informasi Publik Jabar Terbaik di Indonesia

Rilis Single Baru, Andira Siap Menyongsong Album Kedua