bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Prafr Plogging with Jubelo, Kegiatan Jalan Santai Sambil Mungutin Sampah

BERITABAIK.ID - Permasalahan tentang sampah emang gak ada habisnya, apalagi sampah yang ada di jalan-jalan dan trotoar yang menciptakan pemandangan tidak indah dan berdampak negatif pada lingkungan juga kesehatan.

Pramudina, sebagai orang yang sejak kecil sudah dibiasakan membuang sampah dengan tertib pada tempatnya, merasa kesal dengan permasalahan tersebut.

Berawal dari iseng jalan-jalan santai sambil memunguti sampah bersama temannya, ia berpikir untuk mengajak lebih banyak lagi teman-temannya untuk melakukan hal yang sama.

Kemudian ia menginisiasi lahirnya Prafr Plogging, jalan santai, bersuka ria sambil memungut sampah seperti yang dilakukan pada Selasa, (6/2/2024).

Prafr Plogging ini jadi kegiatan kedua yang dilakukan, berkolaborasi dengan Jubelo, kegiatan kedua ini dimulai dari Growspace Bandung di Pasar Kreatif Jawa Barat.

Sekitar 20 orang yang sebelumnya sudah mendaftar ini berkumpul dan mulai berjalan sambil memunguti sampah di sekitar Jalan Pahlawan, Kota Bandung.

Mereka terlihat antusias dengan mengenakan sarung tangan dan trashbag untuk mengumpulkan sampah-sampah tersebut.

Pramudina atau yang akrab disapa Dina ini bilang kalau tujuan dari acara ini adalah meningkatkan awareness dan semangat untuk menjaga lingkungan.

"Tujuan awalnya sih sebenernya karena mungkin kebiasaan pengen liat bersih, udah kaya naluriah aja ngambilin sampah, terus pengen liat sekitaran kita bersih. Kalo tujuan ngadain event ini lebih ke awareness aja buat pada semangat jaga lingkungan, buat buang sampah yang bener sesuai tempatnya," kata Dina.

Rain, Strategic Partnership dari Jubelo yang menjadi kolaborator dalam acara ini menyampaikan senang bisa berkolaborasi dalam acara ini.

Jubelo atau Jual Beli Loak ini adalah perusahaan yang berfokus pada pengelolaan sampah dengan membentuk sebuah ekosistem pengelolaan sampah yang bertujuan mencapai zero waste dalam kehidupan sehari-hari.

Sampah-sampah yang dikumpulkan dalam kegiatan ini nantinya akan diolah oleh Jubelo agar lebih bermanfaat lagi.

Rain berharap dengan adanya kegiatan ini dampak menularkan kegiatan positif dan membantu melestarikan lingkungan.

"Harapannya bisa menularkan kegiatan psoitif ke temen-temen yang melihat. Bukan berapa banyaknya sampah yang kita kumpulkan tapi gerakan ini bisa menular ke kelompok kecil maupun besar, karena dengan kita mengurangi sampah dan bergaya hidup sehat itupun bisa membantu bumi kita melestarikan lingkungan," tutup Rain.

Kegiatan ini diagendakan akan dilakukan satu bulan sekali, untuk TemanBaik yang mau bergabung bisa mendapatkan informasi lewat Instagram @prafr.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Pemprov Jabar Jalin Kerja Sama Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik

Bey Sebut Sekolah Jurnalisme Indonesia Dapat Lahirkan Jurnalis Berintegritas dan Multitasking