bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(Tangkapan Layar Google)

Kiprah Panjang Aminah Cendrakasih, Sosok Perempuan yang Jadi Google Doodle Hari Ini

BERITABAIK.ID - Jika melihat Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024), TemanBaik akan melihat ilustrasi sosok wanita dengan kerudung putih khas Betawi. Google Doodle tersebut memberikan keterangan lengkap “Ulang Tahun ke-86 Aminah Cendrakasih”.

Tampak wajah perempuan yang disebut sebagai Aminah Cendrakasih itu dibingkai dalam sebuah televisi tabung lawas, alat elektronik yang mengisi rumah-rumah pada tahun 90-an. Ada tulisan sambung Google berwarna biru yang dihiasi bunga dan dedaunan bernuansa coklat menjadi latar belakang ilustrasi tersebut.

Ternyata Aminah merupakan aktris Indonesia yang semasa hidupnya menampilkan banyak karya dan menyabet berbagai penghargaan. Ia begitu populer dengan perannya sebagai Mak Nyak di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan".

Tanggal 29 Januari adalah hari ulang tahun Aminah Cendrakasih. Tahun ini, pemasangan wajah Aminah dilakukan dalam rangka memperingati hari lahirnya yang ke-86. Google Indonesia menggunakan ilustrasi wajah Aminah untuk mengingat kiprah panjangnya di dunia perfilm-an Indonesia.

Pada 21 Desember 2022, dunia hiburan tanah air harus berduka atas kepergian Aminah di usianya yang ke-84. Sebelum meninggal dunia, ia diketahui mengidap penyakit glaukoma.

Kiprah Panjang Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih merupakan aktris senior Indonesia kelahiran Magelang pada 29 Januari 1938. Dia merupakan anak dari pasangan seniman senior. Ibunya adalah salah seorang pemeran senior Indonesia yakni Wolly Sutinah atau lebih dikenal dengan Mak Wok.

Sementara itu, sang Ayah yang bernama Husni Nagib merupakan pelawak senior Indonesia. Kedekatan Aminah dengan dunia seni peran membuatnya menempuh pendidikan di Sekolah Kepandaian Putri (SKP) dan mengenal dunia panggung sedari dini.

Pada 1955, Aminah mulai aktif di pentas sandiwara sebagai pemain dan penyanyi. Di tahun itulah ia mendapat kesempatan untuk tampil dalam film bertajuk Oh, Ibuku. Dalam penampilan di film perdananya tersebut, Aminah Cendrakasih beradu akting dengan sang Ibu, Wolly Sutinah.

Sejak tahun 1955 sampai 1989, Aminah tercatat membintangi sebanyak 101 film, meliputi perannya sebagai pemeran pembantu maupun peran utama. Mengutip dari Detik, sebab sepak terjangnya di dunia perfilm-an itu, Aminah mendapatkan Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada tahun 1992.

Kemudian, industri pertelevisian di Indonesia terus berkembang dan banyak sinetron tayang di layar kaca. Aminah turut berpartisipasi dalam dunia sinetron. Pada tahun 1984-1985, Aminah menjadi salah satu pemeran dalam sinetron berjudul "Rumah Masa Depan".

Nama Aminah Cendrakasih kembali melambung ketika membintangi sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" pada 1994-1997. Sinetron tersebut ditayangkan di stasiun TV swasta RCTI. Aminah berperan sebagai "Mak Nyak" yaitu Ibu pemeran utama.

Kiprah panjangnya membuat Aminah Cendrakasih dianugerahi gelar pemeran dengan pengabdian seumur hidup terpuji (Lifetime Achievements) pada tahun 2012 oleh Festival Film bandung (FBB). Pada tahun 2013, penghargaan yang sama juga dianugerahkan kepadanya oleh Indonesian Movie Actors Awards.

Di tahun 2019, Aminah Cendrakasih kembali mendapatkan penghargaan atas perannya dalam film si Doel The Movie. Dia mendapatkan Piala Maya pada kategori Penampilan Singkat nan Berkesan.

Selain di dunia perfilm-an, Aminah aktif dalam berbagai organisasi seperti Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua I Divisi Kesenian di LKB dan Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

Pada 21 Desember 2022, Aminah berpulang di usianya yang ke-84 karena penyakit glaukoma. Jenazah Aminah kemudian dimakamkan satu liang dengan sang ibu di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin Apresiasi Peran TNI Merawat Kelestarian Situ Lembang

Pernah Populer di Awal 2000-an, Sosial Media Friendster Bakal Hadir Kembali!