bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Film
(dok. Instagram/@falconpictures)

Pidi Baiq Segera Garap Novel Dilan 1983

BERITABAIK.ID - Pidi Baiq baru saja mengumumkan akan menggarap kisah hidup Dilan dalam novel terbaru bertajuk ‘Dilan Wo Ai Ni 1983’.

Melalui unggahan di Instagramnya, Pidi menerangkan bahwa novel tersebut akan menceritakan kisah hidup Dilan usia 11 tahun ketika duduk di bangku sekolah dasar. Di mana novel ini akan berkisah masa remaja Dilan yang sempat tinggal Timor Timur, karena ikut sang ayah yang bekerja dinas sebagai tentara.

"Mumpung nganggur. Daripada gangguin orang, mending nulis. Nulis apa aja sesuka saya, semau saya. Penjajah Israel gak boleh ngatur hidup saya. Nah, saya ingin nulis Dilan 1983, yaitu saat Dilan masih berusia 11 tahunan, di mana Dilan sempat tinggal bersama keluarganya di propinsi Timor Timur (sekarang negara Timor Leste), karena harus mengikuti ayahnya yang bertugas sebagai tentara," tulis Pidi Baiq dalam Instagram-nya pada Rabu (24/1/2024).

Pada postingan tersebut Pidi juga menjelaskan bahwa di Timor Timur, Dilan sekolah di desa Bairo Pite, sebuah sekolah negeri yang di belakangnya terdapat sungai Bebora,

Pria pentolan grup The Panasdalam tersebut melanjutkan, novelnya akan berlanjut pada kisah mengenai kehidupan Dilan kembali ke Bandung setelah 1,5 tahun tinggal di Timor Timur.

“Tahun 1983, setelah satu setengah tahun tinggal di Timor Timur, Dilan kembali ke Bandung dan sekolah di SD tempat dulu dia sekolah. Dilan pun bertemu lagi dengan teman2 lamanya.

Teman-temannya itu juga termasuk dengan Mei Lien, gadis Tionghoa yang merupakan murid baru pindahan dari Semarang. Meskipun dikatakan bahwa Dilan menyukai gadis Tionghoa tersebut, Pidi Baiq menegaskan bahwa novel ini bukan bertema percintaan.

"Dilan suka, tapi mana boleh anak kecil pacaran. Gak boleh, dan ini memang bukan novel tentang pacaran, hanya cinta monyet biasa di tengah ngerinya peristiwa penembakan misterius atau yang disingkat Petrus, yaitu suatu operasi rahasia di jaman pemerintahan Orde Baru," lanjut Pidi Baiq.

Tidak hanya di instagram Pidi Baiq, cover "Dilan Wo Ai Ni 1983" ini lebih dulu muncul di instagram perusahaan film Falcon Pictures.

"Bismillah," tulis Falcon Pictures dalam keterangan postingannya, Selasa (23/1/2024).

Meskipun belum ada keterangan resmi apakah rumah produksi yang pernah menggarap film trilogi Dilan sebelumnya akan membuat film mengenai Dilan 1983, tentu saja unggahan tersebut berhasil mencuri perhatian publik.

Sementara itu, MD Pictures juga baru merilis film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Benni Setiawan dan Tubagus Deddy.

Berbeda dari film-film Dilan sebelumnya, kisah Ancika memperkenalkan Arbani Yasiz sebagai Dilan dan Zee JKT48 sebagai Ancika.

Dalam kurun waktu kurang dari 2 pekan penayangan, Ancika telah mengumpulkan lebih dari 1 juta penonton. Perolehan itu menempatkan Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 sebagai rilisan 2024 pertama yang memperoleh satu juta penonton.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Menari dari Hati, Gabungkan Pesona Tari Tradisi dan Global

Terakhir Ditemukan pada 1851, Ikan Belida Kembali Muncul di Pulau Jawa