bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Wonderful Indonesia)

Masuk Rekomendasi Destinasi Wisata 2024 Versi New York Times, Ini Deretan Keistimewaan Danau Toba

BERITABAIK.ID - Kabar harian asal Amerika Serikat, New York Times, baru saja memasukan Danau Toba di Sumatera Utara ke dalam daftar rekomendasi destinasi wisata pilihan mereka pada 2024. Daftar ini dirilis New York Times pada Senin (08/01/2024) dalam tajuk “52 Places to Go 2024”.

Daftar tersebut dibuat oleh para ahli dengan mempertimbangkan perjalanan berkelanjutan dan acara budaya. Ke-52 tempat yang menjadi rekomendasi pun diambil dari seluruh penjuru dunia.

Danau Toba menempati urutan ke-24 dalam “52 Places to Go 2024”. Dalam situsnya, New York Times menjelaskan Danau Toba secara singkat sebagai tempat untuk “menikmati ketenangan danau kawah terbesar di dunia”. Dibandingkan Bali sebagai destinasi wisata turis mancanegara paling populer, Danau Toba memang tidak lebih ramai.

Danau Toba termasuk salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada tahun 2020, Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO.

Menikmati Keistimewaan Danau Kawah Terbesar di Dunia

Danau ini memang sebuah keajaiban alam yang sangat istimewa dan menakjubkan. Menurut situs Wonderful Indonesia,danau ini diperkirakan terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung api, Gunung Toba, yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

Luasnya lebih dari seribu kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Di tengah danau vulkanik terbesar di dunia ini juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar, yaitu Pulau Samosir.

Pulau Samosir termasuk pulau dalam pulau terbesar di dunia, serta menjadi pulau terbesar kelima di dunia untuk kategori pulau di tengah danau.

Menyewa sepeda motor dan mengitari kawasan Pulau Samosir bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Di puncak Pulau Samosir, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan yang indah dari ketinggian.

Namun jika mampir ke Desa Tuktuk di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, berjalan kaki dan menyusuri jalan-jalan utama desa yang asri sambil mempelajari kebudayaan Batak ini bisa jadi pengalaman tak terlupakan.

Untuk para penyuka wisata olahraga air, mengitari Danau Toba dengan kayak menjadi hal yang bisa dicoba. Terdapat tiga rute dengan kesulitan berbeda yang bisa diambil saat menjelajah Danau Toba dengan kayak.

Di dekat Danau Toba juga terdapat dua museum yang kaya akan sejarah dan budaya Suku Batak, yaitu Museum Tomok dan Museum Huta Bolon.

Di Museum Tomok, terdapat museum yang berupa rumah adat Batak Toba yang usianya sudah ratusan tahun, namun masih rapi, kokoh, dan terjaga. Sedangkan, di Museum Huta Bolon para pengunjung bisa dibuat terkesima akan ukiran-ukiran dan ornamen khas Batak bernama gorga pada bangunan tersebut.

Menikmati keindahan Danau Toba juga bisa dengan cara duduk dan menyesap secangkir kopi. Sumatera memang terkenal dengan beragam jenis kopinya, seperti kopi lintong dan kopi sidikalang.

Namun tak hanya soal keindahan Danau Toba dan apa yang ada di sekelilingnya. Keistimewaan Danau Toba juga datang dari kekayaan budaya yang bahkan bisa dijadikan cinderamata seperti halnya kain ulos.

Tak hanya berfungsi sebagai pakaian, ulos juga dipercaya sebagai simbol status sosial dan kerap dipakai di berbagai perayaan penting, seperti kelahiran dan pernikahan.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin Apresiasi Kontribusi Hidir Foundation bagi Masyarakat

GIGA, 'Fusion-Comfort Food' Racikan Ghea dan Ghia