bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Humas UNESA)

Keren! Mahasiswa Ilmu Hukum UNESA Juarai Kompetisi Menyanyi Internasional, Kalahkan Turki Hingga AS

BERITABAIK.ID - Sebuah prestasi membanggakan diraih oleh Mustika Eka Kusuma W, seorang mahasiswa prodi S-1 Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Ia membawa pulang medali emas pada kategori Solo Vocal Adults dalam Youth Friendship Festival (YFF) 2023 yang diselenggarakan Oktober 2023 lalu. Kompetisi yang diadakan di Bali tersebut diikuti berbagai peserta mancanegara, diantaranya Vietnam, Kamboja, Filipina, Turki, dan Amerika Serikat.

"Rasanya sangat senang dan tidak terduga. Kompetisi ini begitu ketat dengan peserta dari berbagai negara, masing-masing dengan performa luar biasa," ungkap Mustika dikutip dari halaman UNESA pada Selasa (15/01/2024).

Mustika juga mengungkapkan, bahwa hal yang paling mengesankan pada kompetisi tersebut adalah berkenalan dan berteman dengan musisi dari negara-negara lain yang memiliki minat yang sama.

Mengingat yang dihadapinya adalah kompetisi Internasional, butuh kurang lebih enam bulan lamanya Mustika melakukan persiapan. Latihan vokal menjadi fokus utamanya. Selama itu ia menjaga kondisi tubuh dan suara dengan pola makan dan minum yang teratur.

Dia juga mempersiapkan diri dengan membawakan lagu "The Girl In 14G" dari Kristin Chenoweth.

"Memilih lagu tersebut bukan hanya karena favorit, tetapi karena di dalamnya terdapat tiga genre sekaligus: broadway, jazz, dan klasik. Saya ingin menunjukkan keberagaman kemampuan vokal saya," jelas Mustika.

Dengan membawakan lagu tersebut, Mustika ingin menyoroti kemampuannya menguasai perpindahan genre dengan ekspresi, mood, dan interval nada yang tepat. Hal ini menjadi ciri khas yang membedakan penampilannya.

Selama latihan, ia juga menghadapi beberapa kesulitan. Terutama karena tingkat kesulitan lagu yang dibawakannya. Namun, dukungan dari orang-orang terdekat, seperti orang tua, coach, dan teman-teman, turut memotivasinya setiap sesi latihan.

Latihan panjang tersebut membuahkan hasil. Ia bisa pulang dengan medali emas.

"Prestasi ini sangat memotivasi saya untuk terus mengasah kemampuan vokal saya. Saya berharap dapat memberikan penampilan terbaik di kompetisi mendatang, baik di tingkat nasional maupun internasional," tutup Mustika.

Saat ini, Mustika sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti beberapa kompetisi berikutnya dengan harapan dapat terus mengukir prestasi baru dalam karier seni vokalnya. Ia juga turut memohon doa agar prestasi demi prestasi bisa terus didapatkan sehingga membanggakan orang tua, daerah dan almamater.

Diketahui, Youth Friendship Festival merupakan kompetisi yang digelar tahunan di beberapa negara. Para peserta di kompetisi tersebut mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan bakat dan keterampilan mereka dalam bidang seni-budaya, baik itu musik maupun tari.

Pada Tahun 2023 lalu, Studio Musik Purwa Caraka bekerja sama dengan Transinex Singapore “memboyong” YFF ke Indonesia. Ini sebagai bentuk perayaan Ulang Tahun ke-35 Purwa Caraka dan dedikasi mereka untuk dunia pendidikan kesenian di Indonesia.

YFF 2023 diselenggarakan di Griya Agung Ballroom Prime Plaza Hotel Sanur Bali dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023. Ada 173 anak/remaja yang hadir dari berbagai negara untuk meramaikan rangkaian acara tersebut.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Kapal Pinisi, Peninggalan Nenek Moyang yang Jadi Warisan Budaya Dunia

Mengenal SATRIA-1, Satelit Terbesar di Asia Milik Indonesia