bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup

5 Rekomendasi Aplikasi yang Bantu Tingkatkan Produktivitas, Biar Kerja Lebih Efisien!

BERITABAIK.ID - Manajemen yang baik tentu bisa mempermudah banyak pekerjaan, baik pekerjaan di rumah, sekolah, hingga tugas-tugas kantor. Di era digital, ponsel dan komputer tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan-pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, hadirlah produk aplikasi untuk membantu meningkatkan produktivitas, entah dalam bentuk web atau aplikasi yang dengan mudah diakses dari ponsel pintar.

Aplikasi produktivitas dapat berfungsi sebagai manajemen proyek, manajemen tugas, menyusun deadline, maupun penyusunan catatan.

Jika dipakai secara individu, aplikasi produktivitas bisa membantu untuk lebih fokus dalam mengatur pekerjaan sehari-hari.

Jika dipakai bekerja untuk tim, aplikasi produktivitas ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan anggota tim bekerja sama, meskipun dari jarak yang jauh. Hal ini tentu saja akan menghemat waktu, sehingga tim bisa fokus menyelesaikan penting untuk mencapai target lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu menunjang produktivitas sehari-hari.

Notion

Notion merupakan salah satu aplikasi penunjang produktivitas yang cukup populer. Aplikasi ini dikenal bermanfaat untuk manajemen proyek, baik untuk kerja dengan tim maupun individual.

Aplikasi ini juga biasa digunakan oleh pekerja kantoran, freelancer, hingga pelajar untuk membuat daftar to-do list harian, prioritas kerja, catatan penting, hingga portofolio. Notion hadir dengan tampilan yang sederhana, tertata, dan efisien sehingga membuat to-do-list dan catatan terasa semakin mudah.

Aplikasi ini bekerja di perangkat Android maupun IOS. Selain itu pengguna juga bisa mengaksesnya via web sehingga mengefisiensi waktu.

Evernote

Aplikasi lain yang patut dipertimbangkan untuk membuat catatan dan to-do-list adalah Evernote. Aplikasi ini juga bisa diunduh untuk perangkat Android dan IOS ini dan digunakan untuk perangkat berbasis Windows dan Mac OS. Sehingga bisa dibuka di ponsel atau pin komputer.

Evernote fokus untuk membuat catatan-catatan penting. Dengan aplikasi ini, catatan tersebut dapat diakses di versi desktop dan mobile, juga dibagikan kepada kawan. Selain itu, Evernote juga bisa mengatur skala prioritas catatan dan memiliki beberapa fitur lainnya.

Forest

Jika notifikasi di ponsel bisa mengganggu produktivitas dalam belajar maupun bekerja, mungkin aplikasi mobile yang satu ini bisa menjadi solusi. Aplikasi yang dirancang untuk mengatur waktu ini sangat efektif untuk menjauhkan diri dari ponsel pintar, sehingga bisa lebih fokus menyelesaikan pekerjaan yang penting.

Seperti namanya, aplikasi Forest hadir dengan visual dan konsep penanaman pohon. Pengguna hanya perlu mengatur waktu yang diinginkan untuk menjauh dari ponsel. Nantinya, pohon virtual yang telah dipilih akan ditanam dan tumbuh sepanjang waktu yang telah diatur. Jika pengguna ingin menggunakan smartphone sebelum waktu habis, cukup tekan Give Up dan pohon yang ditanam akan mati.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah, jika mengupgrade ke versi premium, pengguna berarti berkontribusi untuk menanam pohon di dunia nyata. Semakin sering menggunakan Forest, tentunya akan semakin banyak pohon virtual yang ditanam hingga bisa membentuk hutan.

Jika tertarik menggunakannya, aplikasi ini hadir di Play Store atau App Store.

Trello

Aplikasi Trello ini sangat cocok untuk kerja tim. Para pengguna Trello bisa melakukan manajemen proyek, menentukan prioritas kerja, dan bahkan dapat melihat apa yang sedang dikerjakan rekan sejawat secara daring.

Menariknya lagi, masing-masing pengguna yang masuk ke dalam tim bisa ikut menambahkan informasi, memberikan tanggapan, dan turut memberi komentar kepada anggota tim lainnya. Pengguna juga bisa ikut serta mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.

Selain mudah untuk digunakan, aplikasi Trello juga menawarkan tampilan visual yang memikat, sehingga cocok bagi mereka yang bekerja secara kelompok.

Slack

Slack merupakan aplikasi untuk berkomunikasi secara tim. Berbeda dengan aplikasi komunikasi seperti halnya WhatsApp, Slack memungkinkan penggunanya untuk membangun berbagai channel dan grup-grup diskusi yang berbeda.

Para penggunanya juga bisa saling mengirimkan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan pekerjaan. Fitur-fitur ini mampu membuat pembahasan soal tugas dan pekerjaan akan lebih terstruktur dan cepat selesai.

Untuk menunjang efisiensinya itu, Slack bisa diakses via web, android, dan IOS.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin: Budi Daya Padi Teknologi Salibu Dapat Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Mengenal Prinsip Kaizen: Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dari Hari Kemarin