bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Wonderfull Indonesia)

Jadi Favorit Wisatawan, Taman Nasional Komodo Catat 300.488 Pengunjung Sepanjang 2023

BERITABAIK.ID - Taman Nasional (TN) Komodo yang terletak di daerah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu tempat favorit untuk kunjungan wisatawan selama 2023. Tercatat, 300.488 pengunjung ke TN Komodo.

Jumlah pengunjung tersebut merupakan akumulasi dari jumlah wisatawan dalam dan luar negeri. Untuk sepanjang tahun 2023, pengunjung didominasi oleh wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 184.096 orang. Adapun wisatawan domestik atau wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 116.392 orang.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Hendrikus Rani Siga, menyebut bahwa jumlah kunjungan 2023 telah melampaui target yang ditetapkan dan mengalami peningkatan dibandingkan 2022. Mengingat kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo di tahun 2022 hanya mencapai 51.618 wisatawan.

Terfavorit di Labuan Bajo

Hendrikus menjelaskan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) ini merupakan tempat favorit ketika wisatawan sedang berkunjung ke Labuan Bajo. Untuk keseluruhan Pulau Bajo sendiri, tercatat 423.847 turis yang berkunjung sepanjang 2023.

Tentu saja ini jauh lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Mengutip dari Detik, Pada 2022, kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo sebanyak 170.352 orang yang didominasi wisatawan nusantara. Pada 2021 dan 2020, kunjungan wisatawan jauh lebih kecil karena pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, Taman Nasional Komodo adalah salah satu pilihan destinasi yang ada di Labuan Bajo. Di taman ini, wisatawan bisa melihat dari dekat biawak komodo yang ada di Loh Liang Pulau Komodo dan Loh Buaya Pulau Rinca.

Wisatawan juga bisa trekking ke puncak Pulau Padar. Pulau Padar menawarkan panorama alam dengan gugusan bukit yang artistik, hamparan pasir putih, dan birunya laut.

Ada pula Long Pink Beach yang tersohor dengan pasirnya yang berwarna pink. Di TN Komodo juga terdapat puluhan spot diving dan snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Sisanya, wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang dikelola Disparekrafbud Manggarai Barat, seperti Gua Batu Cermin dengan jumlah (36.661), Gua Rangko (21.044), Air Terjun Cunca Wulang (5.602), Puncak Waringin (4.827), dan diving-snorkeling (25.086).

Tingginya wisatawan di Labuan Bajo sepanjang tahun 2023 tidak bisa lepas dari berbagai kegiatan nasional dan internasional yang digelar, seperti Side Event G20, KTT ASEAN ke-42, dan AMMTC ke-17.

Raih Keuntungan Hingga 41 Miliar

Maraknya pengunjung TN Komodo di Labuan Bajo ini juga berdampak pada pendapatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, TN Komodo berhasil menghasilkan cuan mencapai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Rp 41,05 miliar sepanjang 2023.

Hendri turut menjelaskan bahwa sebenarnya target utamanya adalah PNBP, bukan jumlah pengunjung.

Seluruh perolehan PNPB itu disetorkan ke kas negara melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Hendrikus mengatakan PNBP di TN Komodo diperoleh dari pungutan tiket masuk.

Selain itu ada pungutan aktivitas wisata hingga penggunaan drone dan film di dalam kawasan TN Komodo.

"Tiket masuk, diving, snorkeling, pengamatan satwa liar, trekking, drone, sport fishing, film," jelas Hendri.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin Serahkan Santunan Korban Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka

4 Tips Membangun Kebiasaan Baik ala Buku ‘Atomic Habits’