bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup

4 Tips Membangun Kebiasaan Baik ala Buku ‘Atomic Habits’

BERITABAIK.ID - Buku Atomic Habits menjadi salah satu buku pengembangan diri yang direkomendasikan banyak orang. Buku ini pertama kali rilis pada 2018 dan kemudian terjemahan bahasa Indonesianya terbit pada 2019.

Buku dengan tajuk lengkap “Atomic Habits: Tiny Change, Remarkable Result” ini masuk ke dalam jejeran buku best seller internasional dan telah diterjemahkan ke 50 bahasa.

Sesuai dengan judulnya, Atomic Habits berisikan panduan-panduan yang mengajak pembaca membuat perubahan besar di hidup mereka yang dimulai dari hal-hal dan kebiasaan kecil.

Pada umumnya, perubahan-perubahan kecil seringkali dianggap kurang bermakna karena tidak langsung membawa dampak nyata pada hidup suatu manusia. Padahal, dengan membangun kebiasaan-kebiasaan kecil, perubahan besar akan mengikuti.

Ada 4 tips untuk membangun kebiasaan baik yang diutarakan James Clear dalam buku Atomic Habits, berikut ini adalah keempat kaidahnya.

Make It Obvious

Untuk mempermudah membangun kebiasaan baik, kebiasaan tersebut harus terlihat dan nampak di mata. Buatlah kebiasaan itu sedekat mungkin dengan penglihatan kita.

Contohnya, jika memang sedang ingin berlatih gitar. Buatlah gitar itu terlihat. Jangan simpan dia di atas lemari atau dalam lemari, tapi di samping kasur misal. Atau ketika ingin membangun kebiasaan baik menulis jurnal, jangan selipkan buku jurnal tersebut di antara buku lain, simpanlah dia di atas meja dekat kasur.

Make It Attractive

Buat kebiasaan tersebut menjadi terasa lebih menarik. Di awal-awal membentuk kebiasaan, kebiasaan baru tersebut akan nampak kurang menarik. Cara membuatnya menjadi menarik adalah menggabungkan dengan hal-hal yang kita suka.

Jika senang mendengarkan musik, padukan kebiasaan-kebiasaan baru ini dengan mendengarkan alunan lagu yang disukai. Misalnya adalah lari atau olahraga sambil mendengarkan musik.

Make It Easy

Jangan memulai kebiasaan tersebut dengan sesuatu dan targetan yang sulit. Membuat kebiasaan tersebut terlalu sulit bisa membuat seseorang semakin malas untuk melakukannya.

Mulailah kebiasaan dari sesuatu yang paling mudah. Jika targetnya adalah membangun ketahanan berlari selama satu jam, mulailah dari mencoba bertahan berlari dalam 5 menit. Atau jika ingin punya kebiasaan membaca setiap harinya, tidak perlu dengan membaca banyak secara langsung. Bisa saja dimulai dengan satu halaman perhari, atau bahkan satu paragraf perhari.

Harapannya, dengan memulai sesuatu dari yang paling mudah, kebiasaan tersebut akan berkembang seiring waktu.

Make It Satisfying

Untuk membangun kebiasaan baik, butuh membuatnya menjadi menyenangkan dan memuaskan. Contohnya adalah dengan memberikan reward kepada diri sendiri.

Berikan diri sendiri hadiah selepas berhasil mencapai targetan dalam suatu kebiasaan baik. Misalnya dengan memberikan diri sendiri coklat atau es krim setelah selesai berhasil membaca buku selama satu pekan penuh, atau berhasil menyelesaikan targetan buku dalam satu bulan.

Itulah 4 tips membentuk kebiasaan baik ala Buku “Atomic Habits”. Buku ini mengajarkan untuk jangan hanya berfokus pada hasil akhir, namun perlu juga untuk fokus membangun sistem yang baik, sehingga bisa mencapai pada hasil akhir yang diimpikan.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Jadi Favorit Wisatawan, Taman Nasional Komodo Catat 300.488 Pengunjung Sepanjang 2023

Dosen UPI Kembangkan ‘Vaksin Matematika’, Media Peraga Pembelajaran untuk Siswa SD-SMP