bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Pixabay - Wokandapix)

Punya Resolusi untuk Diri Sendiri Tahun 2024? Ini 7 Tips untuk Konsisten dan Mencapai Tujuan

BERITABAIK.ID - Banyak cara yang biasa dilakukan untuk merayakan awal tahun baru. Selain menghabiskan hari libur bersama yang tersayang, kegiatan lain yang biasanya dilakukan adalah membuat resolusi untuk diri sendiri.

Istilah resolusi ini menjadi obrolan yang hangat diperbincangkan di setiap awal pergantian tahun. Tapi apa sebenarnya resolusi?

Jika melihat ke Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi bisa diartikan sebagai keputusan atau kebulatan pendapat berupa tuntutan yang ditetapkan pada saat rapat, musyawarah, ataupun sidang. Selain itu resolusi juga bisa diartikan sebagai pernyataan tertulis yang berisi tuntutan kepada suatu hal.

Namun, ketika istilah ini diaplikasikan untuk personal, maka resolusi bisa diartikan sebagai janji untuk diri sendiri. Tidak dalam bentuk tuntutan, melainkan harapan dan usaha untuk memperbaiki diri dan mencapai tujuan dalam setahun ke depan.

Harus atau tidaknya resolusi ini ditulis dikembalikan kepada masing-masing individu. Meski begitu, menulis resolusi di awal tahun bisa membantu untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan mencoba membuat hidup menjadi lebih tertata setahun ke depan.

Agar resolusi tetap menjadi semangat sepanjang tahun, perlu konsistensi dan capaian yang realistis. Tips berikut mungkin bisa membantu untuk menjaga resolusi awal tahun 2024 ini tidak menjadi tulisan dan semangat yang hanya hidup di awal tahun.

1. Tetapkan tujuan yang spesifik dan realistis

Tidak perlu mencatat tujuan terlalu banyak. Tetaplah menulis yang realistis untuk dicapai dan pastikan tujuan tersebut spesifik. Tentukan mana yang akan menjadi tujuan utama dan mana yang akan menjadi tujuan sekunder.

Tidak perlu membuat tujuan utama terlalu banyak. Sehingga fokus untuk mengejar tujuan utama ini tidak pecah.

2. Buatlah tenggat waktu

Setiap tujuan harus memiliki tenggat waktu. Buatlah batasan waktu yang detail dan spesifik, tidak hanya di akhir dari tujuan tersebut. Misalnya dengan membuat target bulanan atau target triwulan. Tenggat waktu juga berguna untuk mengukur kemajuan.

3. Berhenti berorientasi pada hasil, fokuslah pada proses

Mulai berhenti untuk hanya fokus dan berorientasi pada hasil akhir. Buatlah langkah dan tahapan yang spesifik untuk mencapai tujuan tersebut. Buatlah tujuan yang lebih detail dan masuk akal, seperti tujuan harian atau mingguan sebagai langkah untuk mencapai tujuan besarnya.

4. Mulailah dari yang terkecil

Jika sudah menuliskan tujuan-tujuan dan tahapannya, maka mulailah dari yang paling kecil dan mudah. Coba usahakan untuk fokus untuk menyelesaikan tujuan harian.

5. Jaga konsistensi

Menjaga konsistensi bukanlah hal yang mudah, namun konsistensi menjadi kunci utama untuk mencapai sebuah tujuan. Buatlah diri senyaman mungkin untuk bisa tetap pada jalur konsistensi. Bagikan juga tujuan atau kebiasaan yang sedang dibangun dengan seseorang yang bisa menjadi pengingat untuk sama-sama bertumbuh dan berproses.

6. Mencatat kemajuan dan lakukan evaluasi

Buatlah catatan untuk mencatat kemajuan dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut. Kemudian dari catatan tersebut, lakukanlah evaluasi secara berkala. Apa saja yang perlu diperbaiki? Tujuan mana yang terlalu tidak realistis?

Jangan lupa untuk apresiasi diri sendiri ketika mendapat kemajuan, sekecil apapun.

7. Sabar dan Fleksibel

Memang, tidak semua hal akan berjalan sesuai keinginan. Tetaplah sabar dalam menjalani mimpi-mimpi tersebut. Jika memang tidak sesuai harapan, jangan terlalu memaksakan diri dan menyesal. Usahakan untuk tetap fleksibel dan terbuka dengan semua opsi yang sedang dihadapi, sehingga evaluasi di akhir tahun nanti tidak perlu menyesali banyak hal yang telah terjadi.

Tetap sabar dan berusaha sebaik mungkin. Sisanya biar semesta yang tentukan.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Synchronize Fest 2024 #TogetherBersama Umumkan 10 Nama Penampil Fase Pertama

Cerita Davis, Pemuda Asal NTT yang Mendunia Usai Temukan Serangga Spesies Baru