bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(Dok. Try Surya Anditya- agrina-online)

Wow! Bawang Goreng Jadi Bumbu Terenak di Dunia versi Taste Atlas

BERITABAIK.ID - Kuliner Indonesia patut kembali berbangga, pasalnya kali ini salah satu kondimen favorit Nusantara, bawang goreng, mendapat predikat sebagai bumbu makanan terenak versi Taste Atlas Awards 2023-2024.

Predikat tersebut didapat dari daftar Top 53 Condiments in the World yang dirilis Taste Atlas pada laman resminya. Dari 53 kondimen yang ada, bawang goreng khas Indonesia sempat menjadi peringkat pertama, mengalahkan saingan kuat di kategori 'Best Condiments' yakni Aceto Balsamico Tradizionale di Modena asal Italia.

Meskipun saat ini kondimen tradisional yang terbuat dari irisan bawang merah tersebut menduduki posisi kedua dengan poin 4,6, tetap saja ini sebuah kabar yang menyenangkan hati untuk penikmat kuliner dalam negeri.

Diketahui, peringkat ini berdasarkan perolehan suara dari pemirsa Taste Atlas. Tentu saja Taste Atlas berusaha sebaik mungkin mengabaikan perhitungan bot ataupun suara dengan alasan patriotis.

Nilai tambahan perolehan suara tersebut juga diberikan kepada pengguna yang dikenali sistem sebagai orang yang berpengetahuan terhadap masakan. Untuk daftar Top 53 Condiments in the World, hingga pada 30 November 2023, tercatat ada 3.355 pemilih, di mana 2.785 di antaranya diakui sah oleh sistem.

Taste Atlas juga juga pernah memasukkan Pempek sebagai 5 besar makanan laut terenak, Kota Bandung sebagai 10 besar kota dengan kuliner terbaik di dunia. Hingga memasukkan Indonesia sebagai negara dengan makanan terbaik ke-6 di dunia.

Taste Atlas juga berpesan untuk tidak menjadikan situs mereka rujukan utama. Tujuan utama dari daftar peringkat ini adalah mempromosikan keunggulan makanan lokal, menanamkan kebanggaan terhadap hidangan tradisional, dan membangkitkan rasa ingin tahu terhadap hidangan yang belum pernah dicoba.

Kondimen Pelengkap untuk Berbagai Macam Olahan Masakan

Bawang goreng merupakan makanan yang terbuat dari irisan bawang merah yang digoreng dengan teknik deep-frying hingga menjadi kering dan berwarna keemasan. Untuk membuatnya tetap renyah, biasanya bawang goreng disimpan di dalam toples kedap udara.

Bawang goreng memiliki rasa yang gurih, manis, dan sedikit pahit. Selain cita rasanya yang khas, kondimen satu ini juga memiliki aroma kuat dan menggugah selera makan. Tidak mengherankan jika di antara banyaknya kuliner khas Indonesia, bawang goreng cocok menjadi taburan di berbagai macam olahan masakan.

Berikut merupakan beberapa contoh masakan yang bisa disajikan dengan taburan bawang goreng untuk menambah kaya cita rasa makanan Indonesia.

Sate Ayam

Sate ayam merupakan potongan daging ayam yang ditusuk dan dimasak dengan cara dipanggang di atas arang kayu. Bakaran arang memang sudah membuat aroma sate menjadi kuat, namun bumbu kacang pada sate ini akan menjadi lebih gurih jika ditaburkan bawang goreng sebagai kondimennya.

Bakso

Bawang goreng juga cocok untuk makanan berkuah, seperti halnya bakso. Meskipun tidak lagi kriuk ketika dimakan, bawang goreng akan menyisakan wangi bawang yang kuat pada kuah bakso. Sehingga kuah bakso akan menjadi lebih gurih.

Nasi Goreng

Nasi goreng juga cocok ditaburkan dengan bawang goreng. Terlebih makanan khas Indonesia yang masuk ke top 10 olahan nasi terbaik versi CNN Travel ini juga punya rasa yang berempah.

Mie goreng

Sajian mie goreng memang akan terasa kurang lengkap tanpa taburan bawang goreng yang renyah. Mie goreng sendiri sudah memiliki cita rasa bawang merah yang meninggalkan wangi di hidung dan lidah. Sedikit kriuk bawang akan membuatnya terasa lebih mantap.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Gandeng Destiny Project, Brand Kecantikan Whitelab dan Goute Rayakan Hari Ibu Bersama Anak Berkebutuhan Khusus

Jabar Raih Predikat Terbaik Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2022