bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Youtube Baww)

Bikin Konten di Minecraft, Youtuber Baww Dapat Tiket Gratis Masuk Candi Borobudur Seumur Hidup

BERITABAIK.ID - Content creator pemilik kanal Youtube gaming “Baww” mendapatkan lifetime pass atau akses gratis masuk seumur hidup dari Borobudur Park. Ini merupakan bentuk apresiasi tim Borobudur Park terhadap salah satu konten Baww yang sempat viral tahun lalu, yakni kontennya membuat Candi Borobudur di Game Minecraft.

Kabar mengejutkan tersebut pertama diketahui dari postingan di X milik Baww (@ThisIsBaww) pada tanggal 12 Desember 2023.

“Baru buka email dapet lifetime pass ke borobudur coyy,” tulisnya. Tidak lupa ia juga melampirkan sebuah tangkapan layar surel yang ia terima dari pihak Borobudur Park.

Surat tersebut berisikan apresiasi terhadap konten pembuatan replika Candi Borobudur yang Baww buat di dalam permainan Minecraft selama 100 jam. Kemudian akses gratis pun diberikan kepada Baww.

Selain akses, ia juga mendapat undangan khusus untuk menikmati matahari terbit dan makan pagi di kawasan Candi Borobudur.

"Kami juga ingin memberikan Lifetime pass untuk berkunjung ke Candi Borobudur dan mencoba produk spesial kami yaitu ‘Dagi Abhinaya Picnic Breakfast’ secara gratis,” tulis pihak Borobudur Park dalam suratnya.

Diketahui, video konten Baww yang membuat replika candi di Minecraft ini tayang perdana pada 17 Agustus 2022. Pemilik kanal Youtube dengan subscriber lebih dari 900 ribu tersebut sengaja membuatnya sebagai hadiah ulang tahun Indonesia yang ke-77.

Selain membuat Candi Borobudur, Baww ternyata pernah membuat bangunan ikonik lainnya di Minecraft. Termasuk Candi Prambanan dan Monumen Nasional.

Minecraft merupakan permainan video yang merancang blok-blok seperti lego. Sehingga permainan ini menonjolkan konsep desain berbentuk gambar bitmap. Sebagaimana permainan penyusunan balok, salah satu yang menjadi aktivitas menarik dari permainan ini adalah membuat bangunan.

Minecraft hadir dalam dua mode, yakni creative dan survival. Pada mode creative, pemain bisa membuat apapun dengan imajinasi tanpa batasan barang dan perlengkapan. Di mode ini juga pemain tidak perlu takut kehilangan nyawa.

Sedangkan di mode survival, pemain harus bisa mencoba bertahan hidup dengan keterbatasan perkakas dan makanan. Pemain juga harus menghindar dari serangan monster ketika malam tiba. Sehingga mengumpulkan bahan bangunan akan sangat sulit dalam mode ini.

Pada konten yang dibuat oleh Baww, ia membuat replika Candi Borobudur dalam mode survival. Tingkat kesulitan yang ia pilih adalah hardocore, kesulitan tertinggi dalam mode ini. Sehingga Baww memerlukan 100 jam untuk menyelesaikan bangunan replika tersebut.

“Di video ini gw gak lagi challenge bertahan hidup 100 hari di minecraft hardcore, melainkan kita ganti dulu sama series minecraft hardcore atau series minecraft survival Indonesia. Dan gw membuat candi borobudur di minecraft hardcore, spesial hari kemerdekaan indonesia ke-77,” tulis Baww dalam keterangan videonya.

Hingga saat ini (19/12/2023), video pembuatan replika Candi Borobudur tersebut sudah mencapai 3,7 juta penonton dengan 200 ribu lebih like dan 11 ribu lebih komentar.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin Tandatangani Nota Kesepahaman TPPAS Legoknangka

Sesak Rilis Single Kedua Bertajuk 'Karam'