bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

HER, Vending Machine Produk Sanitasi Perempuan Gagasan Mahasiswa UI

BERITABAIK.ID - Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI), Aurelia Frederica, bersama keempat kawannya membuat prototipe ide bisnis berupa vending machine atau mesin penjual otomatis. Bukan sembarang vending machine, gagasan cemerlang yang diberi nama “HER” ini menjual produk kebutuhan sanitasi perempuan.

“Semua wanita pasti pernah lupa mengecek tanggal menstruasi, sehingga tidak mempersiapkan diri dengan pembalut. Produk kami merupakan one-stop solution untuk wanita yang merasa kesulitan dalam keadaan darurat saat menstruasi,” ujar Aurelia saat ditemui di acara Demo Day Wira-Cipta UI 2023 pada Jumat (1/12) di Ra Suites Simatupang, Jakarta.

“HER” menjadi vending machine yang menawarkan aneka macam produk sanitasi kewanitaan. Di antaranya, berbagai merek pembalut, spidol penghilang noda, kompres hangat/hot pack, hingga paket bundling berisi sabun, plastik, dan tisu.

“Kami melihat sudah ada banyak vending machine, tapi belum pernah ada yang khusus pembalut. Oleh karena itu, kami terpikirkan membuat vending machine yang diletakkan di toilet perempuan di sekolah-sekolah dan universitas agar memudahkan perempuan,” lanjut Aurelia.

Aurelia berharap ide bisnis vending machine yang ini dapat diwujudkan menjadi nyata. Selanjutnya, ia berencana melakukan uji coba dengan meletakkan prototipenya di kampus FIA UI.

Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu dari 34 perguruan tinggi pelaksana program Wirausaha Merdeka (WMK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berupaya mendukung penuh terciptanya wirausaha mahasiswa di Indonesia. Program WMK di UI, bertajuk Wira-Cipta UI, menjadi ajang mahasiswa membagikan ide-ide bisnis inovatifnya dengan berupaya menyelesaikan berbagai permasalahan sosial.

Berkat ide bisnis inovatif inilah Aurelia dan kelompoknya mendapatkan penghargaan pitching terbaik untuk kategori ide bisnis nondigital. Penghargaan tersebut didapatkan setelah kelompok penginisiasi “HER” melakukan presentasi business pitching di depan tiga juri, yang terdiri atas praktisi start-up hingga angel investor dari perusahaan investasi.

Sesi pitching Demo Day Wira-Cipta UI 2023 menjadi puncak kegiatan WMK UI yang telah diselenggarakan sejak 21 Agustus 2023. Sebanyak 231 mahasiswa dari 45 perguruan tinggi di Indonesia, yang tergabung ke dalam 46 tim, bersaing menjadi yang terbaik dalam melakukan presentasi produk atau prototipe inovasi bisnis.

Ada beberapa aspek penilaian juri untuk mencari tim dengan pitching terbaik, mulai dari model bisnis, model pendapatan, rencana pelaksanaan yang realistis, analisis permasalahan dan target pasar, hingga kualitas kerja sama tim.

Pada acara Awarding Night Demo Day Wira-Cipta UI 2023, disampaikan pula pemenang dari kategori-kategori lain. Untuk kategori digital dimenangkan oleh ide bisnis “Rapid” yang juga menyabet gelar pitching terbaik. “Rapid” merupakan platform registrasi instan. Dengan memindai kode QR, seseorang dapat mengisi suatu formulir tanpa perlu birokrasi yang rumit.

Sementara itu, pada kompetisi Desain Poster Terbaik diraih oleh Tim Kimboats; Peserta Terbaik diraih oleh Muh. Syamsul Umar Arif, mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar; dan Dosen Pendamping Lapangan Terbaik diraih oleh Friska Nurliana Sirait, Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Trisakti School of Multimedia.

Ketua Pelaksana Program WMK UI Tahun 2023, Dr. Nurul Safitri, MA mengatakan bahwa Wira-Cipta UI merupakan program yang bertujuan menumbuhkan pengetahuan dan keterampilan kewirausahan. Metode experience learning yang digunakan memungkinkan mahasiswa terjun langsung di bidang wirausaha. Ia berharap animo mahasiswa terhadap program ini akan terus bertambah di tahun-tahun kedepannya.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Rakor Lintas Sektoral, Bey Machmudin Harapkan Libur Nataru Aman Kondusif

“Kampus Bambu Komodo” Jadi Rumah Produksi Ekonomi Kreatif Masyarakat NTT