bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(Dok. YouTube KEMENDIKBUD RI)

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 Diramaikan Berbagai Judul Film

BERITABAIK.ID - Malam Anugerah Piala Citra yang menjadi puncak gelaran Festival Film Indonesia (FFI) sudah digelar pada kemarin malam, Selasa (14/11) di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta. Tahun ini merupakan perhelatan ke-43 yang dilangsungkan oleh FFI.

Piala Citra merupakan penghargaan tertinggi untuk industri film Tanah Air. Setelah mengumumkan deretan nominasi bulan lalu, Malam Anugerah Piala Citra menjadi panggung untuk para pemenang dari setiap kategori menerima penghargaan.

Ada 22 kategori yang dibacakan di malam penganugerahan. Namun tiga tahun terakhir, FFI juga melangsungkan penghargaan khusus untuk kategori Pilihan Penonton dan Kritik Film sebagai bentuk apresiasi kepada penonton. Selain itu ada juga Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup untuk Film yang ikut dibacakan.

Festival Film Indonesia tampil meriah. Pembacaan nominasi dibacakan oleh deretan nama yang ikut berperan penting dalam perfilman Indonesia. Di antara pembacaan kategori, ada juga penampilan spesial yang dibawakan oleh Iwan Fals, Rossa, Rio Sidik, dan lainnya.

Penghargaan FFI tahun ini diwarnai dengan berbagai judul film. Perbedaan peraihan piala tidak terlalu jauh.

Film “Women from Rote Island” berhasil meraih 4 Piala Citra, termasuk untuk kategori Film Cerita Panjang Terbaik (Rizka Shakira). Film tersebut juga menerima penghargaan untuk Sutradara Terbaik (Jeremias Nyangoen), Penulis Skenario Asli Terbaik (Jeremias Nyangoen), dan Pengarah Sinematografi Terbaik (Joseph Christoforus Fofid).

Peraih Piala Citra terbanyak diikuti oleh film “Like and Share” dengan 3 perolehan piala untuk kategori Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, dan Penata Suara Terbaik. Disusul “Budi Pekerti” yang membawa pulang 2 piala kepada dua aktris perempuan untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik.

“Women from Rote Island” yang menjadi juara umum tahun ini belum tayang secara reguler di Indonesia. Namun, film tersebut sudah tayang perdana di Busan International Film Festival 2023 pada 7 Oktober 2023 kemarin.

Tema Festival Film Indonesia 2023 mengusung Piala Citra. Citra memiliki makna "bayangan" atau "imaji". Kata tersebut terinspirasi dari sajak Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail. Citra sendiri telah disematkan sebagai anugerah film sejak 1967.

Mengutip dari laman resmi FFI, Festival Film Indonesia dan Piala Citra diharapkan dapat memberikan percikan semangat bagi para insan perfilman untuk tetap konsisten menciptakan film-film Indonesia yang berkualitas. Sekaligus membangun citra positif bagi industri perfilman Indonesia.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin: ASN Harus Netral di Dunia Nyata maupun Maya

Bey Machmudin: Perkuat Pengarusutamaan Bahasa Ibu agar Tetap Eksis