bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Mojiken Studio)

Game Lokal A Space for The Unbound Masuk Nominasi The Game Awards 2023

BERITABAIK.ID - The Game Awards 2023 baru saja mengumumkan nominasi penghargaan. “A Space for The Unbound”, sebuah game karya anak bangsa muncul sebagai salah satu nominator.

The Game Awards adalah upacara penghargaan tahunan yang menghormati pencapaian dalam industri video game dari seluruh dunia. Penghargaan ini pertama kali dihelat pada 2014.

Pengumuman nominasi tersebut muncul pada postingan akun X resmi The Game Awards (@thegameawards) kemarin, Selasa (14/11). Terlihat “A Space For The Unbound” masuk nominasi untuk Games For Impact bersama 5 game lainnya.

Mengutip keterangan di situs resminya, kategori ini diperuntukkan untuk game-game yang mampu menggugah pikiran dengan makna dan memiliki pesan sosial yang kuat.

Pihak game “A Space For The Unbound” pun merasa terkejut dengan nominasi tersebut. Cuitannya tertera pada postingan X @ASFTUgame, mereka merasa penerimaan nominasi ini terlalu tidak nyata untuk bisa terjadi.

“Wait.. what? Are we dreaming right now?? Because being nominated in The Game Awards is just TOO UNREAL!!," tulisnya.

Mereka juga mengajak para penggemar game mereka untuk melakukan voting di website resmi The Game Awards.

Adapun, The Game Awards 2023 sendiri akan digelar pada 7 Desember 2023 waktu setempat di Peacock Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

Nominasi ini bukan penghargaan pertama untuk “A Space For The Unbound”. Sebelum tanggal rilis resminya, game ini pernah meraih penghargaan Grand Prix Award di Sense of Wonder Night, Tokyo Game Show 2020, Best Storytelling di SEA Games Awards 2020, dan Future Division di Japan Game Awards 2022.

“A Space For The Unbound” merupakan karya yang dikembangkan oleh Mojiken Studio dan dirilis oleh Toge Production. Mojiken merupakan studio game indie yang berbasis di Surabaya, sementara Toge adalah penerbit permainan video yang berkantor pusat di Tangerang. Game ini pertama kali dirilis resmi pada 19 Januari 2023 untuk permainan PC dan konsol.

Game ini diracik dengan tampilan artistik seni piksel 2D. Alur permainan pada game ini memiliki banyak percakapan seperti visual novel.

Game “A Space for The Unbound” berkisah soal petualangan pencarian jati diri dua sejoli Atma dan Raya di tahun terakhir SMA mereka. Di sini Atma dan Raya akan berhadapan dengan rasa cemas, depresi, dan hubungan antara keduanya.

Atma merupakan siswa SMA biasa, sedangkan Raya diceritakan memiliki kekuatan supernatural misterius. Selama menjalani keseharian mereka, kejadian kerap terjadi di sekitar keduanya. Atma ingin menyelesaikan berbagai masalah dan misteri di kota, sedangkan Raya ingin tetap menghabiskan waktu bersama Atma.

Untuk latar waktu dan tempat, game ini mengambil kondisi rural Indonesia pada era 90-an. Sehingga pemain akan dibawa pada nuansa nostalgia.

“A Space For The Unbound” juga mendapat respon Overwhelmingly Positive dari para pemainnya di platform komunitas Steam.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bey Machmudin: Perkuat Pengarusutamaan Bahasa Ibu agar Tetap Eksis

Bahasa Indonesia Resmi Diusulkan Menjadi Bahasa Konferensi Umum UNESCO