bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Fesyen
Fashion show hasil karya mahasiswa Kriya Tekstil Telkom University (dok. Nadiana TF)

Swastamita 2023, Hasil Karya Mahasiswa Kriya Tekstil Telkom University

BERITABAIK.ID - Ada yang menarik di Cornerstone, Paskal Hyper Square Bandung pada Sabtu, (21/10/2023).

Sebanyak 200 karya hasil mahasiswa tingkat akhir Prodi Kriya Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom diperlihatkan melalui Fashion Show dan Exhibition.

Swastamita 2023 merupakan acara tahunan yang rutin digelar, dan tahun ini merupakan tahun ke-6. Tema untuk tahun ini adalah 'Archipelago: side of the future'.

Koordinator Swastamita 2023, Azka Auliya Rissandy mengatakan pengambilan tema ini bertujuan untuk memperlihatkan keragaman Indonesia.

"Kami mau memperlihatkan penggambaran dari Indonesia lewat persatuan dan kesatuan tradisi, kemudian juga dari budayanya, lewat nusantara kemudian dan dari kain-kain nusantara," kata Azka.

Acara ini juga berkolaborasi dengan universitas dari luar dan dalam negeri, Azka menyebut hal ini untuk memperluas kreasi dan kinerja.

"Ingin memperluas kreasi dan juga kinerja dari prodi itu sendiri," kata Azka.

Kemudian, Ketua Program Studi Kriya Tekstil dan Mode Telkom University, M. Sigit Ramadhan menyebut, acara ini menjadi platform para mahasiswa untuk dapat turun langsung ke masyarakat luas.

"Ini jadi platform buat mahasiswa showcase hasil mereka menempuh studi, mereka juga eksplorasi material teknik yang mereka pelajari selama studi yang akhirnya jadi suatu karya di tugas akhir yang nantinya ditujukan pada masyarakat luas melalui fashion show dan pameran," kata Sigit.

Selain itu, Swastamita juga menjadi tempat untuk dapat membuat mahasiswa meningkatkan kepercayaan diri mereka.

"Jadi sarana buat titik awal mereka sebelum terjun langsung, bisa jadi mereka juga disini meningkatkan kepercayaan diri mereka, kalo mereka punya karya yang bagus dan swastamita ini adalah media atau platform buat mereka untuk nunjukin karya mereka," kata Sigit.

Ia berharap kedepannya para mahasiswa dapat lebih percaya diri untuk memperlihatkan karya yang mereka miliki.

"Kedepannya saat mereka lulus, mereka bisa lebih percaya diri lagi dengan karyanya, mereka bisa present lebih baik karyanya dan dapat evaluasi, karena pasti sehabis ini mereka dapet feedback mengenai karya mereka," tutup Sigit.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023, Anjasara Wahyu dan Canya Prasetyo Jadi Juara Umum

Bikin Gelas Bisa Dimakan, Cara Monday Coffee Kurangi Limbah Plastik