bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Iriana Joko Widodo Kunjungan ke Dekranasda, Apresiasi Kualitas Kriya Jabar

BERITABAIK.ID - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kerabat Store Dewan Kerajinan Nasional Daerah [Dekrasnada] Jawa Barat. Kunjungan yang dilakukan pada awal pekan ini bisa mendorong produk kriya Jawa Barat makin berdaya saing.

Ketua Harian Dekrasnada Jawa Barat, Noneng Komara mengatakan Ibu Negara mengunjungi dan melihat sejumlah produk di Kerabat Store bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

"Beliau mengapresiasi ragam produk IKM [Industri Kecil Menengah] Jawa Barat yang ada di Kerabat Store dari sisi kualitas, bahan hingga kemasan yang menarik," kata Noneng di Bandung, Kamis (5/10/2023).

Menurutnya dalam kunjungan tersebut Ibu Negara banyak bertanya terkait kondisi IKM kriya di Jabar dan profil produk yang ada. Terlebih produk kriya yang dihadirkan memiliki ragam bahan mulai dari kayu, logam, bambu, hingga serat alam.

Produk-produk IKM di Kerabat Store menurut Noneng juga diapresiasi karena mayoritas memperoleh penghargaan di ajang Kriya Nusa yang digelar Dewan Kerajinan Nasional [Dekranas].

"9 IKM Jawa Barat mendapat penghargaan Kriya Nusa, 6 juara, 3 nominasi," kata Noneng.

Dalam kunjungan tersebut Ibu Negara Iriana mendorong Dekranasda memanfaatkan situasi pasca Pandemi Covid-19 untuk makin mengembangkan produk kriya lebih baik lagi agar makin berdaya saing.

"Produk kriya Jabar sendiri sudah mulai premium, ekspor ekraf kita bahkan tinggi," katanya.

Menurutnya apresiasi rombongan Ibu Negara pada kualitas kriya IKM Jabar ditunjukan dengan minat belanja yang tinggi di Kerabat Store.

"Rombongan pada belanja, sayang waktunya 1 jam kalau lebih bisa belanja lebih banyak," katanya.

Noneng sendiri berharap pasca kunjungan Ibu Negara memberi dampak positif pada keberadaan Kerabat Store dan produk-produk IKM Jabar. Menurutnya animo tamu untuk berbelanja ke Kerabat Store terbilang tinggi pasca kunjungan tersebut.

"Harapannya ini bisa jadi alat promosi luar biasa bagi produk kerajinan Jawa Barat. Karena setelah Ibu Negara datang, besoknya ada tamu dua bus berbelanja. Kita akan mendorong tamu-tamu kedinasan ke depan untuk mengunjungi Dekranasda," katanya.

Noneng juga berharap daya saing produk-produk kriya Jabar terus meningkat karena memiliki peluang pasar yang sangat terbuka. Bahkan sudah bisa berdaya saing dengan produk luar negeri.

Ia pun menyampaikan apresiasi atas kehadiran Ibu Negara Iriana dan para anggota OASE KIM ke Kerabat Store

“Buat Ibu Negara dan ibu-ibu OASE terima kasih yang sebesar-besarnya, kami merasa sangat terhormat karena Ibu bisa hadir dan melihat produk-produk kami. Mudah-mudahan juga bisa dipromosikan ke seluruh Indonesia maupun ke mancanegara kerajinan-kerajinan dari Jawa Barat,” tutup Noneng.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

BSM Rental bersama Fuji Film Launching Lensa Hybrid Pertama di Dunia, Dukung Industri Kreatif Indonesia

Disparbud Jabar Optimis Bandara Kertajati Jadi Gerbang Masuk Wisatawan ke Wilayah Pantura