• Selasa, 27 September 2022

Mengenang Radio Hoso Kyoku, Penyebar Berita Kemerdekaan RI dari Kota Bandung

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:39 WIB
Kawasan Gereja Kristen Immanuel Jemaat Gloria di Jalan Moch Toha, dulunya  jadi tempat pertama yang menyebarkan berita kemerdekaan Republik Indonesia. (Foto: Kpi.go.id)
Kawasan Gereja Kristen Immanuel Jemaat Gloria di Jalan Moch Toha, dulunya jadi tempat pertama yang menyebarkan berita kemerdekaan Republik Indonesia. (Foto: Kpi.go.id)

BERITABAIK.ID - TemanBaik pernah melintas atau melihat Gereja Kristen Immanuel Jemaat Gloria di Jalan Moch Toha, Kota Bandung?

Nah, kawasan yang dikenal sebagai area industri dan dipenuhi hilir-mudik truk ekspedisi berukuran besar ini menyimpan sejarah penting bagi Indonesia.  

Dulunya, kawasan tersebut menjadi tempat pertama yang menyebarkan berita kemerdekaan Republik Indonesia, Agustus 77 tahun lalu.

 

Di tempat itulah, istilah Radio Republik Indonesia diperdengarkan untuk mengganti Radio Hoso Kyoku.

Pimpinan siaran Radio Hoso Kyoku, R.A Darja yang pertama kali mengucapkan kalimat ikonik “di sini Bandung, siaran Radio Republik Indonesia”. Hingga kini, kalimat itu masih mengudara.

Baca Juga: 127 Tokoh Terima Bintang Penghargaan, Ada Ajip Rosidi dan Gugum Gumbira

Dihimpun dari berbagai sumber, sejumlah pemuda Bandung pada 77 tahun silam berjuang untuk menyiarkan kabar kemerdekaan Indonesia melalui radio.

Pergerakan ini dimulai sejak Mei 1945 dalam Kongres Pemuda Seluruh Jawa di Kota Bandung dengan agenda membahas upaya persiapan Proklamasi Kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukar Sampah Jadi Berkah di Acara Great Bandung

Sabtu, 24 September 2022 | 17:20 WIB

Boseh Bike Kini Hadir di Kawasan Summarecon Bandung

Jumat, 23 September 2022 | 12:15 WIB

Ridwan Kamil Bantu Keluarga Yatim di Kota Bekasi

Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB
X