bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Vokasi Kemdikbud)

Cerita Azka, Punya Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Minuman Sejak SMK

BERITABAIK.ID - Adalah Muhammad Azka Farhan, seorang wirausahawan muda yang sukses merilis bisnis sejak masih di bangku SMK. Azka, begitu sapaan akrabnya, baru berusia 18 tahun. Namun, alumni SMKN 9 Bandung tahun 2022 ini sudah memiliki usaha yang meraup omzet hingga ratusan juta setiap bulannya.

Sejak masih duduk di kelas 11, Azka yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa Jurusan Creativepreneurship, Bina Nusantara (Binus) Bandung ini sudah mahir berbisnis. Ia sudah merintis usaha minuman kesehatan sari lemon, OneD Lemon.

“Untuk omzet per bulan tahun ini sedang menurun dibanding tahun lalu, yaitu sekitar 80–100jt per bulannya,” kata Azka tentang perkembangan usaha minuman sari lemonnya, mengutip dari laman Vokasi Kemdikbud.

Saat ini selain OneD Lemon, Azka juga mengembangkan produk lain, seperti OneD Garlic Juice dan OneD Extra Olive Oil.

Ide usaha minuman kesehatan ini dimulai dari kebiasaan keluarga yang rutin meminum perasan lemon. Keluarga Azka kerap membeli lemon di pasar lalu memeras sendiri untuk dikonsumsi keluarga.

Selain itu, di sekolah juga mata pelajaran kewirausahaan yang membuat Azka akhirnya terpikir untuk menjadikan kebiasaan keluarga tersebut menjadi bisnis. Apalagi saat itu, pandemi Covid-19 juga sedang cukup tinggi sehingga banyak orang mengonsumsi vitamin C.

“Saat Covid-19 saya sendiri merasakan manfaat sari lemon untuk tubuh. Dari situ muncul ide kenapa nggak jualan online sari lemon saja,” ujar Azka.

Menurut Azka, model pembelajaran SMK yang lebih banyak praktik dengan mengambil lebih banyak pada konsep Project Based Learning (PBL), telah memberikan banyak dampak positif untuknya. Utamanya dalam pembentukan mental dan karakter kewirausahaan. Inilah yang memantapkan niatnya untuk membangun usaha secara mandiri meski masih di usia muda.

OneD Lemon kemudian dipasarkan secara online. Azka menambahkan keterampilan berdagang tersebut didapatkan dari pelatihan kurikulum bisnis digital yang ada di sekolah. Pihak sekolah juga bekerja sama dengan salah satu platform bisnis digital terkemuka.

Melalui kurikulum bisnis digital, Azka merasa sangat terbantu dalam mengembangkan bisnisnya. Mulai dari bagaimana cara membuka toko online hingga analisis pasar ketika sudah berjualan.

Selain karena kurikulum, sekolah juga membantu usaha yang dikembangkan Azka dengan membawa produk OneD Lemon ke event-event kewirausahaan seperti pameran-pameran. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Azka untuk membuka relasi dan belajar tentang kewirausahaan dari ahlinya.

Alumni Jurusan Tata Boga di SMKN 9 Bandung tersebut menyebutkan bahwa inspirasinya berbisnis juga tidak lepas dari keluarga.

“Orang tua juga bisnis jual beli mobil dan saya juga kepikiran untuk membuka usaha. Saat PKL itu terasa sekali capek banget kita bekerja, jadi kepikiran untuk membuka usaha saja,” ujar Azka.

Saat ini usaha Azka sudah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk ke sejumlah rumah sakit di Bandung. Para reseller produk minuman Azka ini juga menyebar hingga ke seluruh Indonesia, bahkan beberapa reseller minumannya berasal dari kalangan dokter.

“Saya juga sudah bekerja sama dengan salah satu industri makanan di Bandung. Jadi, produk OneD Lemon itu jadi bahan baku untuk salah satu industri makanan di bandung," kata Azka.

Azka juga berharap untuk terus menggeluti dunia wirausaha. Ada sejumlah rencana bisnis yang sudah ia susun selepas lulus kuliah nanti.

“Rencananya pengen buka showroom moge, bengkel motor moge, usaha lemon dikembangkan menjadi go internasional dan mau buka usaha usaha lain seperti bidang fesyen, food and beverage, dan punya kafe sendiri,” pungkasnya.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Menparekraf Siap Dukung Perkembangan Industri Spa di Bali

Bey Machmudin: Budi Daya Padi Teknologi Salibu Dapat Tingkatkan Produktivitas Pertanian