bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. inews)

Pertama Kali Ditemukan di Dunia, Kenalin Apa Itu Golongan Darah Subtipe P

BERITABAIK.ID - Baru-baru ini ilmuwan dari Tiongkok menemukan golongan darah p, subtipe atau urutan nukleotida dari golongan darah P. Subtipe p ini belum pernah ditemukan sebelumnya.

Menurut South China Morning Post, temuan ini pertama dilaporkan dari Taixing People's Hospital di Taizhou, provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur. RS menyebutkan bahwa sebelumnya ada seseorang dengan golongan darah P, ditemukan saat melakukan tes darah rutin di rumah sakit tersebut.

Golongan darah P kerap kali terlewatkan. Pasalnya golongan darah ini tidak dapat diambil oleh reagen yang ada untuk golongan darah ABO dan Rh yang paling umum dimiliki oleh sebagian besar masyarakat dunia.

Padahal temuan golongan darah P menjadi penting untuk deteksi dini agar pasien yang memiliki golongan darah langka ini dapat mempersiapkan diri lebih baik ketika transfusi darah.

Pada kasus seseorang dengan golongan darah P, mereka hanya bisa menerima transfusi dengan jenis yang sama. Terutama pada pasien yang sedang hamil dan akan melahirkan.

Diketahui, hanya ada 12 kasus terdokumentasi mengenai orang-orang dengan golongan darah P di Tiongkok. Jumlahnya bahkan lebih rendah dari satu dalam satu juta orang.

Golongan darah P pertama kali ditemukan pada 1927. Mengutip DetikHealth, golongan darah ini dapat dibagi menjadi lima subtipe berdasarkan pada antigen di sel darah merah. Terdapat lima fenotipe reguler dalam sistem golongan darah P, yakni P1, P2, P1k, P2k, dan p.

Subtipe P1 dan P2 menjadi yang paling banyak ditemukan. Sedangkan yang paling jarang ditemui adalah P1k, P2k, dan p.

Temuan subtipe p ini menunjukkan kombinasi baru dari beberapa molekul penting bagi kehidupan manusia yang telah terdeteksi dalam sampel golongan darah sangat langka.

Menurut laporan di Modern Express Post, urutan nukleotida yang sebelumnya tidak diketahui pada seseorang dengan golongan darah langka subtipe p ini.

Staf di Rumah Sakit Rakyat Taixing kemudian menyerahkan urutan genetik ke database di GenBank, sebuah koleksi akses terbuka yang dikelola oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional di Amerika Serikat.

Pada Desember 2023 lalu, pusat informasi di AS tersebut menyatakan urutan nukleotida yang ada dalam sampel belum pernah terdeteksi sebelumnya di mana pun di dunia.

Nukleotida adalah salah satu dari banyak molekul kecil yang membentuk DNA dan RNA, asam nukleat yang membawa informasi genetik. Urutan tersebut kemudian diberi nomor seri OR900206 dalam database gen manusia.

Golongan darah langka biasa didefinisikan sebagai tidak adanya antigen dengan prevalensi tinggi atau tidak adanya beberapa antigen dalam satu sistem golongan darah. Sebagian besar penduduk dunia termasuk dalam sistem golongan darah ABO dan Rh, namun ada golongan darah lain yang termasuk langka, seperti sistem antigen Rh null, antigen Hh/Bombay, serta golongan darah P.

Meskipun golongan ABO dan Rh menjadi yang paling umum dalam transfusi darah, masih terdapat 36 golongan darah tambahan yang dikenal. Setiap golongan darah memiliki campuran unik antara antigen yang terdapat pada permukaan sel darah merah.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Dosen UPI Kembangkan ‘Vaksin Matematika’, Media Peraga Pembelajaran untuk Siswa SD-SMP

Pemprov Jabar Mulai Bangun 144 Sekolah Baru di tahun 2024