bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Selama Lima Tahun, JQR Berhasil Transformasikan Spirit Layanan Publik yang Cepat

BERITABAIK.ID - Jabar Quick Response (JQR) telah menyelesaikan tugasnya pada 31 Desember 2023. Selama lima tahun, JQR berkontribusi besar mentransformasikan konsep layanan cepat Pemda Provinsi Jabar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar Ika Mardiah menuturkan, hal itu terlihat dari manajemen dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang tepat.

"JQR telah menjadi model respons cepat dalam menangani pengaduan masyarakat melalui menajemen dan SOP yang tepat," kata Ika di Kota Bandung, Senin (1/1/2024) dikutip dari keterangan resminya.

Ika menyebut, akselerasi yang menjadi ide pembentukannya telah berjalan.

"Mengingat salah satu ide awal pembentukannya adalah sebagai akselerasi pelayanan sosial kemanusiaan yang bersifat darurat dari Pemda Provinsi Jabar bagi masyarakat Jabar. Alhamdulillah akselerasi yang dimaksud telah berjalan," tambahnya.

Ika juga menuturkan, seluruh perangkat daerah di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar sudah berhasil mengadopsi spirit respons cepat yang diterapkan oleh JQR.

"Spirit respons cepat terhadap situasi darurat yang butuh penanganan segera, kini telah diadopsi oleh perangkat daerah di Jabar. Memang terkadang respons cepat dalam keadaan darurat harus menanggalkan tata birokrasi, tetapi tetap dalam koridor koordinasi," tutur Ika.

Kehadiran JQR, kata Ika, mendorong Pemda Provinsi Jabar untuk mengembangkan sistem pengaduan terintegrasi secara elektronik.

"Untuk kecepatan respons, kini Pemda Provinsi Jabar mengembangkan pengaduan terintegrasi secara elektronik untuk menjalankan respons cepat dan tercatat dari sisi kinerja ASN pelaksana," tuturnya.

Ia mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada JQR yang telah melaksanakan tugasnya.

"Kami berterima kasih kepada JQR yang telah melaksanakan tugas dengan luar biasa dan semoga yang telah dilakukan membawa kebermanfaatan bagi semua," imbuhnya.

Selama lima tahun, JQR juga sudah menjangkau 2.622 desa dari 605 kecamatan yang tersebar di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, dan 166.547 penerima manfaat.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Mahasiswa Polinef Ciptakan Sistem Anti Maling Helm, Raih Medali Emas Ajang I2ASPRO

Synchronize Fest 2024 #TogetherBersama Umumkan 10 Nama Penampil Fase Pertama