bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Dusun Bambu)

12 Destinasi Wisata di Bandung, Cocok untuk Libur Natal dan Tahun Baru

BERITABAIK.ID - Liburan akhir tahun, bersamaan dengan Natal dan tahun baru, menjadi saat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama yang tersayang. Mencari destinasi wisata bisa menjadi salah satu cara untuk menikmatinya.

Rasanya tidak berlebihan jika menyebut Bandung sebagai surga wisata. Banyaknya tempat wisata ini membuat Bandung selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Bandung Raya memiliki banyak opsi untuk dijadikan tempat berlibur. Mulai dari pemandangan alam, wisata air, mengecap cita rasa kuliner, hingga museum seni yang menanti untuk dinikmati.

Jika masih bingung memutuskan untuk menghabiskan liburan, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di Bandung Raya yang bisa dikunjungi ketika libur Natal dan tahun baru.

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu menjadi tempat yang cocok untuk berlibur keluarga. Resort yang berlokasi di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini juga menawarkan restoran dan wahana bermain anak. Dusun Bambu juga memiliki gaya bangunan khas Sunda dan danau buatan.

The Lodge Maribaya

Wisata The Lodge Maribaya menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang memesona. Selain itu, terdapat wahana ekstrem yang membuatnya menjadi liburan yang tidak terlupakan. Tempat wisata ini terletak di Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Orchid Forest Cikole

Sesuai dengan namanya, Orchid Forest Cikole menjadi hutan lindung untuk budidaya anggrek. Terdapat lebih dari 20.000 jenis anggrek yang berada di tempat wisata ini. Selain keanekaragaman anggrek, tempat wisata yang terletak di Cikole, Lembang juga merupakan rumah untuk pepohonan pinus.

The Great Asia Afrika

Taman bertema khusus Afrika dan Asia ini menghadirkan replika desa, kebun binatang kecil, dan juga restoran. Terdapat 7 miniatur negara yang menjadi daya tarik wisata The Great Asia Afrika, antara lain: Indonesia, Korea Selatan, Thailand, India, Timur Tengah, Jepang dan Afrika.

Green Kenyot Cikahuripan

Green Kenyot Cikahuripan atau biasa disebut Cikahuripan merupakan tempat wisata yang menjanjikan keindahan alam Parahyangan. Tempat ini terletak di Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Salah satu yang menjadi daya tarik Cikahuripan adalah air tiga warna.

Wahoo Waterworld

Wahoo merupakan waterpark yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Diklaim, Wahoo menjadi taman wisata air terbesar yang dimiliki oleh Jawa Barat. Pengunjung akan bertemu dengan wahana seluncuran air dari ketinggian dan kecepatan yang bermacam-macam.

Chinatown Bandung

Beralih ke Kota Bandung, cobalah untuk berkunjung ke Chinatown yang terletak di Ciroyom, Andir, Bandung. Chinatown menjadi tempat wisata berupa area bergaya arsitektur China. Chinatown menjual makanan khas China dan menghadirkan suasana tradisi China kuno.

Paskal Food Market

Paskal Food Market menjadi destinasi kuliner yang populer di Bandung. Diklaim terdapat lebih dari 1000 menu makanan yang ditawarkan di pasar makanan dengan harga standar Bandung kota. Wisata kuliner ini hadir di Paskal Hyper Square, Pasir Kaliki, Bandung.

Jalan Braga Bandung

Jalan Braga adalah nama sebuah jalan utama di Kota Bandung. Jalanan ini cukup terkenal sejak masa Hindia Belanda dan masih memberikan hint suasana pada masa tersebut. Hingga saat ini Jalan Braga juga dipertahankan sebagai maskot dan objek wisata. Terdapat toko-toko barang antik, bangunan dengan arsitektur gaya lama, kafe-kafe estetik, dan sebagainya.

Selasar Sunaryo Art Space

Di Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung terdapat sebuah art space yang untuk pameran kontemporer dan seni rupa. Selasar Sunaryo Art Space adalah sebuah organisasi pusat kebudayaan yang menyelenggarakan pameran, diskusi, residensi dan lokakarya yang berhubungan dengan disiplin-disiplin seni lainnya.

NuArt Sculpture Park

Masih bersoal tentang museum seni, NuArt Sculpture Art merupakan galeri seni yang terletak di Setra Duta, Parongpong, Bandung. Galeri ini adalah milik seniman masyhur asal Bali, I Nyoman Nuarta. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Galeri ini menyajikan karya seni sejak awal karirnya.

Amazing Art World 3D

Museum dan galeri seni kontemporer lainnya yang bisa dikunjungi di Kota Bandung adalah Amazing Art World 3D. Tempat wisata indoor yang terletak di Setiabudi, Sukasari, Bandung ini memiliki berbagai ratusan zona dan galeri seni dalam bentuk tiga dimensi, sehingga interaktif bagi para pengunjung.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Pemprov Jabar dan Pemda Kabupaten Jayapura Resmi Jalin Kerja Sama

Ubud Bali Akan Jadi Pusat Percontohan Gastronomi Dunia, Sandiaga: Jawa Barat Juga Punya Potensi