bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Panggung
The Papandayan Jazz Fest 2023 Kembali Hadir Dukung Musik Jazz di Bandung (dok. Nadiana Tsamratul F)

The Papandayan Jazz Fest 2023 Kembali Hadir Dukung Musik Jazz di Bandung

BERITABAIK.ID - The Papandayan Jazz Fest (TPJF) 2023 kembali hadir di tahun ke-8 pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2023 di The Papandayan Hotel Bandung.

The Papandayan Jazz akan menampilkan penampilan dari 200 musisi, 50 artis dalam negeri, dalam lebih dari 50 pertunjukan.

Musisi-musisi yang akan tampil diantaranya Barry Likumahuwa & The Rhythm Service, Karimata, Ardhito Pramono, Kahitna feat Arsy Widianto, Dwiki Dharmawan, KSP x Wachdach, Gerald Situmorang, Sarah n' Soul, art Of Tree, Teza Sumendra, Oele Patiselano, dan banyak lagi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, para musisi atau line up ini akan terbagi di 6 panggung.

Tyagita R Hermawan, Managing Director TPJG mengatakan kalau hal ini merupakan salah satu konsep dan hal baru di TPJF 2023.

"Biasanya untuk setiap tahun kami selalu membawa konsep dan program-program baru dan lebih fresh pastinya. Di TPJF ini kalau tahun lalu kami menggunakan 4 stages untuk penampilan line up, di tahun 2023 ada 6 panggung yang akan digunakan sebagai venue penampil line up TPJF 2023," kata Gita di Press Conference The Papandayan Jazz Fest 2023 di The Papandayan Hotel pada Jumat (20/10/2023).

TPJF ini hadir dari semangat untuk memajukan dan mengangkat musik jazz di Bandung. Awal pendirian yang diinisiasi oleh Bobby Renaldi, Harry Pocang, dan Vence Manuhutu yang tergabung dalam TP Jazz Management yang memiliki dedikasi tinggi terhadap musik jazz, dengan tujuan menciptakan wadah bagi para musisi jazz lokal untuk berkarya dan berkolaborasi, sehingga mendorong terbentuklah sebuah ekosistem musik yang baik sekaligus turut memajukan industri musik tanah air khususnya Bandung hingga tingkat internasional.

The Papandayan Jazz Fest mengedepankan pendidikan dalam komunitasnya dengan menyajikan Music Clinic di setiap festivalnya. Tahun ini diisi oleh pemateri Sri Hanuraga dana Barry Likumahua dengan tema "Basic Jazz Vocabulary" dan "Rhythm & Groove".

Melalui workshop dan kelas musik, festival ini bekerjasama dengan beberapa sekolah dan universitas jurusan seni musik dengan menfasilitasi murid-murid dan para mahasiswanya untuk dapat mengikuti materi music clinic secara gratis, sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat umum yang memiliki ketertarikan mempelajari lebih dalam lagi tentang musik jazz dan mengembangkan keterampilan mereka.

Komitmen dan konsistensi TP Jazz Management diwujudkan melalui perwujudan program penampilan musik mingguan TP Jazz Weekend, program konser musik tri-wulan Road to TPJF, program tahunan TP Jazz International Online Competition serta pemanfaatan panggung musik berkualitas tinggi yaitu TP Stage hingga program pesta musik jazz tahunan The Papandayan Jazz Fest dalam membangun komunitas musik jazz di bandung yang telah menjadi tonggak penting dalam perkembangan musik jazz di kota ini.

TPJF juga dalam penyelenggaraannya memberikan penghargaan bagi para musisi jazz yang telah berjasa besar pada pengembangan musik jazz di tanah air. Festival ini memberikan apresiasi penghargaan 'Lifetime Achievment Award' bagi tokoh-tokoh musisi yang telah memiliki peran dan kontribusi besar dalam perkembangan musik di tanah air khususnya musik jazz.

TPJF 2023 bekerjasama dengan berbagai pihak, seperti dengan beberapa komunitas Titik Kumpul, Musik Halaman, Ruang Putih, dan USBP.

TPJF juga berkolaborasi dengan para pengusaha alat musik seperti Tiga Negeri Music House, dan pelaku industri musik lainnya, kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong perkembangan industri kreatif khususnya sub sektor musik di Kota Bandung.

Dengan menyelenggarakan acara secara rutin, The Papandayan Jazz Fest juga dapat memberikan dampak ekonomi positif bagi kota Bandung seperti Hotel, restoran, dan berbagai usaha kecil, salah satunya dengan memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Bandung untuk berpartisipasi mengisi stand booth yang telah disiapkan oleh TPJF.

The Papandayan Jazz Fest bukan sekadar festival, tetapi juga merupakan gerbong penting dalam mempertahankan dan mengembangkan kualitas dan industri musik jazz di Indonesia.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

The Ming Cu, Ratu Ribuan Tarantula di Bandung

MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023, Anjasara Wahyu dan Canya Prasetyo Jadi Juara Umum