• Minggu, 25 September 2022

Batik & Tenun Rolla, Identitas Jember dalam Lembaran Wastra

- Minggu, 10 Januari 2021 | 10:05 WIB

Batik dan tenun merupakan kain tradisional yang sarat makna budaya. Motif dan corak yang ditampilkan dalam tiap helai wastra pun tidaklah sama antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Di Jember, corak khas yang akan TemanBaik temukan adalah pohon dan daun tembakau. Hal ini tak mengherankan, mengingat sejak beberapa abad lalu kabupaten yang bertetangga dengan Banyuwangi ini memang merupakan penghasil tembakau berkualitas terbesar. Hingga kini pun, masih banyak perusahaan tembakau yang beroperasi dan mengekspor produknya ke berbagai negara maju seperti Jerman, Belanda, Italia, Amerika Serikat, dan lain-lain.

-

Batik Jember sesungguhnya bukanlah produk baru. "Sebenarnya ada pengrajin batik Jember yang sudah puluhan tahun membuat batik, lokasinya di daerah Sumberjambe," terang Iriane Chairini Megawati, pemilik Batik dan Tenun Rolla.

Hanya saja, keberadaan batik Jember tersebut memang tidak terlalu populer di kala itu. Salah satu penyebabnya boleh jadi adalah minimnya minat masyarakat umum terhadap batik. Dibandingkan pasca ditetapkannya batik sebagai warisan UNESCO dan tren fesyen berbahan batik setelahnya, minat masyarakat terutama generasi muda untuk menggunakan batik kini memang jauh berkembang pesat. Karena itu, tak heran bila jumlah pengrajin batik Jember sekarang pun turut meningkat.

"Batik Rolla sendiri berdiri sejak tahun 2010. Tujuannya tentu ingin memperkenalkan identitas Jember kepada masyarakat umum yang sampai saat ini pun masih belum terlalu banyak diketahui. Dengan begitu, kalau ditanya di Jember ada apa, produk ini bisa jadi jawabannya. Kami bahkan mendatangkan guru untuk belajar membatik langsung dari Pekalongan," papar wanita yang juga menjadi Ketua Cabang Jember Komunitas Pencinta Kain tersebut.

-

Dibandingkan beberapa industri serupa lainnya, Batik Rolla memang memiliki beberapa keunggulan. Selain lokasinya yang berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau oleh para wisatawan yang berburu suvenir, pengunjung akan mendapati produk berupa kain tenun dengan motif khas Jember pula.

"Kami menyediakan tiga pilihan untuk batik. Ada batik cap, batik semi tulis, dan batik tulis. Motifnya kini tak cuma tembakau, tetapi juga kopi, cokelat, dan edamame yang merupakan produk unggulan Jember lainnya. Di samping itu, kami juga memproduksi kain tenun. Pun ada pula batik tenun, yakni kain tenun yang kemudian dibatik. Semua pengrajinnya merupakan masyarakat sekitar yang sudah melalui proses binaan. Guru tenunnya pun berasal dari Mataram," papar Irena.
-


Asyiknya lagi, pengunjung juga dapat melihat langsung proses membatik maupun menenun. Apabila ingin turut belajar membuat batik maupun tenun, Batik dan Tenun Rolla dapat mengakomodasinya selama pengunjung membuat reservasi terlebih dahulu.

Irena juga menambahkan bahwa usahanya mengakomodasi jasa penjahitan ekspres. "Di sini juga menyediakan jasa jahit sehari jadi. Ada banyak tamu dari luar kota yang membeli batik atau tenun, lalu sekalian meminta untuk didesain dan dijahitkan pula."

Harga yang ditawarkan oleh Batik dan Tenun Rolla pun terjangkau sesuai kualitasnya. "Harganya macam-macam, mulai dari 150 ribuan (untuk batik cap). Kami menyesuaikan pula dengan bahan yang dipakai, mulai dari katun sampai sutra."

Outlet
Batik dan Tenun Rolla juga menjual beberapa produk lain yang dibuat sendiri seperti kopi dan cokelat yang merupakan komoditas unggulan Jember dan berbagai kerajinan seperti tas anyaman, keranjang anyaman, kalung-kalung etnik, sandal dan sepatu, dan sebagainya. Barang-barang yang tetap memiliki sentuhan khas Jember seperti hiasan berupa daun tembakau tersebut merupakan hasil produksi masyarakat binaan setempat.

Foto: dok. Shelly Salfatira/beritabaik.id

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

'Cihapit Records', Surganya Para Pemburu Kaset Pita

Senin, 5 September 2022 | 15:21 WIB

Pengembangan Wisata Jabar Selatan akan Libatkan BUMDes

Minggu, 28 Agustus 2022 | 18:37 WIB
X