Kelabba Maja, Tebing Warna-warni di NTT yang Mirip Grand Canyon

- Kamis, 23 Agustus 2018 | 16:00 WIB





Di Pulau Sabu, tepatnya di Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) terdapat sebuah tempat bernama Kelabba Maja yang dipisahkan oleh tebing terjal.

Kelabba Maja terdiri dari dua kata, yakni Ke’labba yang diartikan sebagai tanah abu dan Maja yang berarti nama Dewa atau sering disebut sebagai tempatnya para Dewa.

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa tempat ini layaknya Grand Canyon di Arizona atau Ngarai Besar ala Indonesia. Kelabba Maja didominasi oleh struktur berwarna merah muda.

Untuk mencapai lokasi ini, TemanBaik harus menempuh perjalanan yang cukup jauh juga terjal. Lokasinya pun begitu tersembunyi dan berada dekat pantai selatan Pulau Sabu, pengunjung akan sangat sulit mencapai lokasi tersebut tanpa dipandu oleh warga sekitar.

Baca juga: Indahnya Bukit Tuamese, Destinasi Baru di NTT

Salah satu daya tarik Kelabba Maja adalah adanya tiga batu besar yang dipercaya melambangkan sosok bapak, ibu, dan anak. Selain itu, tempat ini dikelilingi oleh batu granit yang sangat mencolok.

Masyarakat Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai orang-orang yang sangat mempercayai ritual dan menghargai budaya leluhur. Begitu pun dengan Kelabba Maja, tempat ini dijaga oleh warga setempat yang bernama Efer Weue.

Kelabba Maja dipercaya masyarakat yang tinggal di Dusun Kelanalalu sebagai tempat tinggal Dewa Maja. Salah satu bentuk ritualnya adalah pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan pada saat bulan purnama demi memohon perlindungan dari Dewa Maja. Di sana juga terdapat batu yang digunakan sebagai altar pemujaan bagi sang dewa.

Itulah kenapa Kelabba Maja menjadi tempat yang begitu eksotis di NTT. Jika tertarik datang ke sini, ikuti aturan yang ada ya, TemanBaik. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Kelabba Maja, kamu bisa menikmati beragam kegiatan, seperti mengeksplor tempat wisata, mengenal adat dan budaya warga setempat, dan mengabadikan momen dengan berfoto-foto.

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

Mengintip Keindahan Kampung Kaligrafi di Kota Bandung

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:00 WIB

10 Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan

Sabtu, 26 November 2022 | 08:27 WIB

Mantap! Ada Sikruit RC Baru di Antapani Kidul Bandung

Kamis, 3 November 2022 | 16:36 WIB

5 Tempat Wisata di Jawa Barat Berbalut Cerita Legenda

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:20 WIB
X