Indahnya Bukit Tuamese, Destinasi Baru di NTT

- Kamis, 2 Agustus 2018 | 12:10 WIB

Sudah tak diragukan lagi jika Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal dengan beragam destinasi wisatanya yang kaya akan keindahan. Beberapa di antaranya sudah terkenal hingga ke mancanegara, sebut saja Pulau Komodo, Pulau Rinca, atau Pulau Padar.

Namun, di luar itu NTT rupanya masih menyimpan destinasi lain yang belum banyak diketahui masyarakat luas. Salah satunya adalah Bukit Tuamese yang berlokasi di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana mengungkapkan bahwa Nusa Tenggara Timur adalah daerah yang sangat kaya akan keindahan alamnya, banyak sekali destinasi unggul yang ada di sana yang masih alami. Berdasarkan lokasinya, Tuamese cukup dekat dengan Atambua. Hanya dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Atambua untuk menuju ke Tuamese.

Baca juga: Keindahan Surga Tersembunyi di Gili Labak

Pitana juga menambahkan lokasi Tuamese yang berada di daerah cross border membuatnya potensial untuk mendatangkan wisatawan mancanegara tetangga, yaitu Timor Leste. Namun, menurutnya Tuamese masih harus digali dan dipromosikan lebih gencar lagi agar destinasi ini bisa menjadi unggulan, seperti destinasi lain yang sudah eksis lebih dulu.

Walaupun Tuamese belum banyak diketahui oleh para pelancong, tapi lokasi ini kerap dijadikan spot untuk foto prewedding. Pengunjung biasanya berfoto dari puncak Bukit Tuamese untuk menghasilkan foto yang memanjakan mata.

Saat berada di Tuamese, kita akan melihat hamparan tambak yang berubah layaknya danau. Di bagian lain, kita juga bisa berfoto dengan spot bukit batu hingga berlatarkan pemandangan laut yang berhiaskan hijaunya pesisir pantai.

Tuamese sepertinya bisa dijadikan wisata alternatif baru untuk mengisi waktu liburan di NTT. Khususnya bagi mereka yang berkunjung ke daerah Atambua, Kefamenanu, dan sekitarnya.

Berita foto: Wow, Lihat Lukisan Alam di Sunrise Point Cukul Ini

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

Mengintip Keindahan Kampung Kaligrafi di Kota Bandung

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:00 WIB

10 Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan

Sabtu, 26 November 2022 | 08:27 WIB

Mantap! Ada Sikruit RC Baru di Antapani Kidul Bandung

Kamis, 3 November 2022 | 16:36 WIB

5 Tempat Wisata di Jawa Barat Berbalut Cerita Legenda

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:20 WIB
X