Wawa Gunawan, Pecinta Otomotif Peraih Medali Perunggu Peparnas XVI Papua

- Kamis, 17 Maret 2022 | 08:00 WIB
 (dok. Wawa Gunawan)
(dok. Wawa Gunawan)

TemanBaik, berbicara tentang prestasi orang-orang hebat tidak akan habisnya. Seperti sosok yang satu ini. Ia adalah seorang atlet angkat beban peraih medali perunggu di ajang Peparnas XVI Papua.

Ya, kali ini beritabaik.id berkesempatan untuk ngobrol bersama Wawa Gunawan, atlet angkat asal, Bandung, Jawa Barat.

Wawa Gunawan adalah seorang disabilitas daksa karena tidak memiliki kaki sejak lahir. Namun, hal tersebut bukan penghalang baginya untuk berprestasi. Wawa memiliki kemampuan mengangkat beban hingga 120 kilogram. Wawa telah bergabung sebagai atlet NPCI sejak tiga tahun terakhir dan menekuni bidang angkat berat.

Kepada beritabaik Wawa bercerita tentang kesehariannya sebelum ia bergabung dengan  National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Bandung. Dirinya bekerja sebagai montir di bengkel motor roda tiga miliknya yang terletak di GOR Padjadjaran.

Bengkel ini ia bangun bersama dengan komunitas teman-teman disabilitas daerah Bandung. Sejauh ini sudah ratusan motor roda tiga yang diproduksi oleh Wawa serta teman-temannya.

Baca Juga: Cerita Putri Azka Azzahra, Aktif Berkomunitas dan Perubahan Besar dalam Hidup

Ia biasa mengerjakan kegiatan di bengkel tersebut sebelum mengikuti latihan. Wawa mengaku bahwa ia memang menyukai hal-hal yang terkait otomotif. Salah satu wujudnya adalah dengan membuat motor roda tiga yang bisa membantu mobilitas para penyandang disabilitas.

Saat ditanya pengalaman paling berkesan saat menjadi atlet dan bertanding, ia menjawab Porda Jabar 2018. Dari sekian banyak kejuaraan yang ia ikuti, Porda Jabar 2018 yang dilangsungkan di Kabupaten Bogor merupakan ajang yang paling berkesan, karena itu merupakan pertandingan pertamanya.

Wawa menjelaskan, keberhasilannya saat ini turut diiringi oleh dukungan orang di sekitarnya, terlebih oleh orang tua beliau. Tak hanya angkat beban, Wawa juga  berprestasi dalam bidang olahraga voli duduk.

"Saat ini Wawa sedang latihan Voli duduk untuk kejuaran di  bulan November mendatang," ujar Wawa.

Wawa Gunawan juga menyampaikan pesan untuk teman-teman lainnya supaya tetap semangat, punya jiwa yang kuat, dan jangan sampai menyerah.

"Jadi kita harus buktikan diri sendiri bahwa kita itu bisa, kita itu mampu, kita itu kuat, pokoknya disabilitas semangat semuanya," tandasnya.  

 

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X