Cerita Putri Azka Azzahra, Aktif Berkomunitas dan Perubahan Besar dalam Hidup

- Rabu, 16 Maret 2022 | 14:15 WIB
 (Dok. Putri Azka Azzahra)
(Dok. Putri Azka Azzahra)

TemanBaik pernah dengar soal komunitas? Atau mungkin kamu aktif dalam sebuah komunitas? Komunitas adalah sebuah perkumpulan orang yang umumnya memiliki ketertarikan atau kebutuhan yang sama.

Bergabung dengan sebuah komunitas dan mengikuti kegiatannya bisa berdampak baik pada kehidupan seseorang loh!

Nah, untuk cari tahu lebih tentang hal tersebut, kita akan berkenalan dengan Putri Azka Azzahra  yang akan bercerita tentang kegiatannya berkomunitas. Perempuan yang akrab akrab Putri ini adalah mahasiswa semester 6 di Universitas Padjadjaran. Putri merupakan seseorang yang aktif berkomunitas sejak SMA. Kecintaannya terhadap komunitas telah berhasil mendatangkan dampak yang besar bagi kehidupannya.

Putri mulai aktif berkomunitas sejak di bangku SMA. Ia mengikuti teater dan terpilih sebagai ketua paduan suara. Putri juga terpilih untuk mewakili sekolahnya di komunitas Repro, sebuah  komunitas dibangun oleh majalah Provoke, yang memiliki program untuk bisa membangun jati diri dan memperluas pergaulan.

Tak hanya itu, Putri juga tergabung di banyak komunitas lainnya seperti Girls Beyond, Hi Fear Club, Sana 8 Weeks Challege, Haloka Circle, Sana Kenal Kota dan Selangkah. Perjalanannya mengikuti komunitas mengantarkan ia pada banyak kesempatan yang menakjubkan. 

Baca Juga: Cerita Anton Solihin, Kecintaannya pada Buku Lewat Perpustakaan Batu Api

Saat ini Putri merupakan Community Lead di salah satu e-learning platform yang berfokus pada branding dan komunikasi. Disana ia membuat program untuk membantu para mahasiswa dalam mempersiapkan karirnya dan memberikan tempat yang aman untuk mereka yang ingin belajar mengenai komunikasi dan branding

"Aku lupa momen tepatnya untuk memutuskan sustain di bidang ini, itu mungkin awalnya dari  aku pribadi seneng kalo bisa bantu orang untuk mereka berkembang dan lebih baik dari sebelumnya. Itu bikin aku happy banget," Jelas Putri

Putri merasa core values-nya ada pada komunitas, ia senang bertemu orang baru dan ngobrol dengan orang baru. Putri merasa senang dan menikmati ketika bisa bermanfaat bagi orang lain atau bisa menghubungkan orang lain secara sosial.

"Yang paling aku pelajari adalah aku bisa belajar dari orang lain, kisah orang lain. Dan menurut aku kisah mereka itu menginspirasi aku, karna ibaratnya kaya dikasih arahan yang mungkin ga sedeket itu sama kita atau baru pertama kali. Tapi pernah mengalami hal yang sama," tandasnya.

TemanBaik, banyak ya manfaat yang Putri dapatkan dengan mengikuti komunitas. Nah, beberapa manfaat tersebut juga bisa kita dapatkan ketika kita berkomunitas, di antaranya:

Menambah jejaring relasi
Saat mengikuti komunitas, kamu dapat berkenalan dengan orang-orang baru diluar lingkungan pertemananmu. Bahkan sangat memungkinkan untuk menjalin relasi dengan seorang profesional yang dapat dijadikan sosok inspiratif dan mentor.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X