• Sabtu, 26 November 2022

Momen Heroik yang Lahirkan Hari Kesetiakawanan Sosial

- Senin, 20 Desember 2021 | 15:00 WIB





TemanBaik, ada yang baru tahu jika 20 Desember 2021 ini diperingati sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)? Ada cerita menarik apa sih dari peringatan ini? Apa pentingnya diperingati?

Ditarik jauh ke belakang, HKSN ini terisnpirasi dari bersatunya Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan rakyat pada 20 Desember 1948, sehari setelah agresi militer Belanda. Saat itu, keduanya bahu-membahu dalam perjuangan bersenjata melawan penjajah.

Dilansir dari birohumas.sumbarprov.go.id, saat itu lahir kesetiakawanan yang begitu tulus dilandasi rasa tanggung jawab tinggi pada Tanah Air. Mereka bersatu membebaskan Indonesia dari cengkeraman agresor.

Rakyat memberikan apa saja yang menjadi miliknya demi membantu perjuangan para pahlawannya. Sebaliknya, para prajurit TNI selalu siap melindungi rakyat dari angkara murka penjajah. Rakyat dari semua golongan pun turut bertempur, mereka menolong dan merawat para prajurit yang terbunuh maupun terluka.

Kesetiakawanan sosial kemudian tumbuh secara nasional hingga ke seluruh pelosok Tanah Air. Puncak kemanunggalan dibuktikan dalam 'Serangan Umum 1 Maret 1949' yang dipimpin Letnan Kolonel Soeharto.

Serangan Umum 1 Maret ini sangat penting bagi kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mempunyai arti politik krusial bagi dunia internasional terhadap eksistensi Indonesia. Bangkitnya rakyat secara serentak terpanggil untuk membantu dan bahu membahu bersama TNI melawan penjajah adalah terdorong oleh rasa kesetiakawanan sosial.

Baca Ini Juga Yuk: Begini Sejarah Hari Persahabatan Internasional

Dari peristiwa sejarah di atas, kesetiakawanan sosial itu yang jadi sistem amunisi dan persenjataan sosial telah terbukti sangat andal. Sehingga, meski hanya dengan bambu runcing kita mampu mengusir penjajah untuk selama-lamanya dari bumi Indonesia setelah kurang lebih 350 tahun.

Jika kita simak kembali lintasan sejarah perjuangan bangsa kita dari masa ke masa, tampak jelas bahwa kesetiakawanan sosial adalah salah satu anugerah nilai budaya bangsa Indonesia. Kesetiakawanan telah merasuk ke dalam kalbu seluruh anak bangsa Indonesia. Nilai kesetiakawanan sosial terpatri dalam kalbu, tumbuh dalam sanubari, bersemi dalam cipta, rasa, dan karsa setiap insan pertiwi.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X