• Rabu, 7 Desember 2022

#AksiBaik Nasihat yang Bikin Kenyang dan Sehat

- Jumat, 17 Desember 2021 | 09:15 WIB





TemanBaik, ada program berbagi keren setiap jumat nih dari Yayasan Peduli Amal Dermawan Indonesia (PADI). Diberi nama Nasihat, seperti apa sih kegiatannya?

Nasihat itu sendiri merupakan singkatan dari Nasi Sehat Jumat. Yani Suryani selaku Ketua Divisi Pendidikan Yayasan PADI yang menjadi relawan di program ini mengatakan, Nasihat sudah berjalan sejak masa awal terpaan pandemi di Indonesia, tepatnya Maret 2020.

Jadi, tiap jumat, relawan Yayasan PADI turun ke berbagai wilayah di Jabodetabek menghampiri para pejuang rezeki harian dan membagikan makanan sehat. Satu paket makanan sehat yang dibagikan berisi nasi kotak, buah-buahan, serta susu.

"Pertama kali Nasihat ada itu saat awal pandemi. Kita mikirnya saat itu mungkin banyak dari kita yang masih bisa WFH dan tetap gajian, sedangkan banyak para pencari rezeki harian yang kalau mereka enggak keluar rumah, mereka mungkin enggak makan," terang Yani.

Meski beraksi mayoritas di Jabodetabek, tak jarang Nasihat mengunjungi daerah lain. Misalnya saat terjadi banjir bandang di Banten, belum lama ini, mereka datang dan berbagi Nasihat bagi korban terdampak di sana.

Sumber dana gerakan ini digalang dari kampanye pada laman dan media sosial Yayasan PADI. Secara personal, para relawan juga mengajak menyebarkan informasi donasi ini kepada kerabat dekatnya. Tak selalu berupa materi, mereka juga mengupayakan kerja sama dengan pemilik usaha kuliner seperti resto atau katering.

"Enggak perlu banyak-banyak, satu tempat ngasih (donasi) sepuluh kotak makanan saja sebetulnya cukup," ujar Yani.

Baca Ini Juga Yuk: Nabung Bolu, Gerakan Berbagi Kece di Surabaya

Ditanya pengalaman berbagi di lapangan nyaris selama dua tahun ini, Yani berkisah selalu ada saja hal ajaib yang dilihatnya, baik saat bertemu penerima manfaat dari mulai anak yatim, duafa, hingga pekerja lepas harian.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X