• Kamis, 6 Oktober 2022

Merajut Mimpi Lewat Portal Berita Karya Disabilitas

- Jumat, 3 Desember 2021 | 12:30 WIB





TemanBaik, pernah terpikir enggak jika ada sekumpulan disabilitas membentuk portal berita? Hal ini benar-benar dilakukan di Bandung, namanya Newsdifabel.com.

Ini adalah portal berita yang diinisiasi disabilitas, pegiat disabilitas, dan jurnalis. Newsdifabel.com lahir pada 11 Agustus 2018 karena didorong kegelisahan. Sebab, pemberitaan dan isu seputar disabilitas masih tak sesuai harapan.

Sehingga, portal berita ini hadir membawa kekhasan, perspektif, dan jadi saluran keresahan penyandang disabilitas. Ragam informasi di dalamnya dibuat lebih detail, komprehensif, seimbang, dan tetap mengedepankan obyektivitas.

"Media ini terlahir atas upaya kawan-kawan disabilitas yang memiliki persamaan gagasan dan cita, yaitu memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat luas mengenai isu disabilitas," kata Pemimpin Redaksi Newsdifabel.com, Suhendar, kepada Beritabaik.id, Jumat (3/12/2021).

Yang menarik, portal berita ini mayoritas dijalankan disabilitas pada berbagai posisi. Mereka membagi tugas dan tanggung jawab sesuai kemampuan. Soal kemampuan, para personelnya bisa diandalkan meski memiliki beragam keterbatasan berbeda. Sedangkan non disabilitas yang terlibat hanya berperan sebagai pembimbing saja.

"Kami memahami bahwa individu disibilitas memiliki kemampuan berbeda-beda, dari mulai kemampuan untuk komunikasi, bersosialisasi, fotografi, komputer, dan kemampuan menggunakan teknologi informasi," ungkapnya.

"Maka, atas dasar kesamaaan visi, tergagaslah suatu media dengan melibatkan disabilitas netra, rungu, wicara, daksa serta kawan-kawan non disabilitas yang memiliki kemampuan jurnalistik, bahu-membahu membangun Newsdifabel.com," jelas Hendar, sapaan akrabnya.

Hasilnya, portal berita ini bisa dinikmati siapapun. Di dalamnya berisi ragam informasi dan fakta menarik seputar dunia disabilitas. Bahkan, ada banyak cerita yang mungkin selama ini enggak akan pernah kamu temui di media manapun.

Bagian yang tak kalah penting, ada banyak banget informasi dan edukasi untuk membuka wawasan publik. Sehingga, diharapkan publik lebih paham tentang dunia disabilitas. Sehingga, tak ada lagi salah kaprah atau anggapan keliru pada disabilitas.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X