• Sabtu, 26 November 2022

Jabar Terus Memburu Prestasi, Peparnas Jadi Incaran

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:25 WIB





TemanBaik, sudah tahu kan jika Jawa Barat memastikan diri sebagai juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021? Namun, enggak itu loh prestasi Jawa Barat di bidang olahraga. Ada prestasi lain yang juga diraih.

"(Selain juara umum PON) kami juga juara umum di Pekan Olahraga Pelajar, juara mum di Pekan Olahraga Santri, juara umum di Pekan Olahraga Korpri, juara umum di Pekan Olahraga Tradisional minggu lalu," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurut pria yang akrab disapa Emil tersebut, keberhasilan meraih gelar juara umum dalam berbagai ajang menunjukkan warga Jawa Barat gemar berolahraga. Ia berharap semangat juara atlet-atlet Jawa Barat juga menular pada sektor lain. 

“Kami sedang bahagia lahir batin. Pertama Jabar adalah masyarakat juara, masyarakat yang senang olahraga. Semangat berjuang itu tercermin di era modern, yaitu perjuangan olahraga. Kami berhasil menjadi juara PON Papua melanjutkan juara umum di 2016,” jelas mantan Wali Kota Bandung itu.

Prestasi yang ada jelas membanggakan. Akan tetapi, Jawa Barat masih haus prestasi. Kini, yang terdekat Jawa Barat mengincar gelar juara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

Peparnas sendiri merupakan ajang olahraga tertinggi di Indonesia untuk para atlet disabilitas dari berbagai cabang. Jadi juara di Peparnas ini akan menyempurnakan raihan gelar juara umum PON yang diperoleh Jawa Barat.

Kontingen Jawa Barat yang akan berlaga dalam Peparnas pun sudah dilepas Emil pada Rabu (27/10/2021). Selain itu, dia melantik Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi sebagai Chef de Mission (CdM) Kontingen Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Jabwa Barat.


-

"Jadi, semua jenis olahraga itu juara, termasuk Peparnas kita ini akan mempertahankan juara umum 2016, dan di Peparnas 2021 di Papua target adalah juara umum. Mudah-mudahan ini sesuai target sehingga dua kebanggaan itu tetap hadir di Jabar," tutur Emil.

Kontingen Peparnas Jawa Barat sendiri akan mengikuti 12 cabang olahraga (cabor) dengan total kontingen 426 orang, terdiri dari 244 atlet, 182 pelatih, manajer dan ofisial.

Di luar target tinggi dalam Peparnas, Emil menegaskan ada hal lain yang tak kalah penting. Ia berharap prestasi manis Jawa Barat dal berbagai kegiatan olahraga bisa menular pada bidang lain.

"Yang terpenting bagi saya insyaallah semangat juara di bidang olahraga bisa menurun juga di bidang pendidikan, bidang keilmuan dan bidang lain-lain. Itulah cerminan Jabar Juara Lahir Batin," ungkapnya.

Bidik 130 Medali
Dalam Peparnas nanti, Jawa Barat menargetkan meraih 130 medali emas. Target ini dipandang realistis mengingat Jawa Barat punya banyak atlet dengan kemampuan mumpuni.

Namun, Dedi Supandi yang ditugaskan sebagai CdM Kontingen Jawa Barat meminta tak hanya prestasi yang diraih atlet. Ada hal yang sangat penting untuk dijunjung tinggi.

"Untuk atlet yang akan bertanding, jaga sportivitas, jaga kesehatan, mari kita bawa Jabar juara itu di Peparnas 2021," pintanya.

Untuk menjadi juara umum, diakuinya bukan hal mudah. Sebab, kontingen daerah lain juga sama-sama ingin memburu gelar juara umum. Saingan yang dianggap paling berat adalah Jawa Timur dan Kalimantan Timur. Meski begitu, ia optimistis dapat melampaui catatan kontingen lain dan misi meraih gelar juara umum terwujud.

"Kita sudah lakukan pelatda, tiga bulan ini juga kita sudah lakukan karantina, agendanya juga sudah kita lakukan terus. Dari aspek persiapan dan pelatihan, atlet Peparnas Jabar ini lebih siap dibandingkan yang lain. Gambaran seperti itu makanya kita optimis untuk menjadi juara umum," jelas Dedi.

Sementara itu, sebagai penguatan, ia mengambil langkah khusus untuk membawa kontingen Jawa Barat melaju mulus di Peparnas. Dia menunjuk seluruh kepala cabang dinas pendidikan se-Jawa Barat jadi orang tua angkat bagi para atlet.

"Saya menugaskan seluruh kepala cabang dinas menjadi orang tua angkat dari atlet yang akan bertanding di Papua," ujarnya.


Apa ya tugas dari orang tua angkat ini? Sebagai orang tua angkat, nantinya seluruh kepala cabang dinas akan memperhatikan dan melakukan bimbingan atlet Peparnas Jawa Barat selama di Papua. Di dalamnya juga ermasuk memastikan kebutuhan para atlet terpenuhi. 

"Sehingga, atlet Jabar ini tidak memikirkan urusan makan dan yang lainnya. Dia fokus untuk bertanding untuk memperebutkan gelar di sana," kata Dedi.

Langkah lain yang tak kalah penting juga diambil. Pihaknya akan memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh kontingen Jawa Barat, baik itu sebelum berangkat menuju Papua dan saat kembali ke Jawa Barat

"Nanti tanggal 1 (November) akan melaksanakan PCR, lalu tanggal 2 (November) dini hari berangkat dan pulang dari Papua kita juga siapkan ruang untuk isolasi mandiri nantinya," pungkasnya.

Selamat bertanding ya kontingen Jawa Barat!


Foto: Dokumentasi Humas Jawa Barat

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X