• Sabtu, 26 November 2022

Samsul Bahri, Anak Punk yang Berjuang Populerkan Angklung

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:25 WIB





Kenalin nih TemanBaik kita, namanya Samsul Bahri. Ia pencinta musik punk yang kini jadi pelatih angklung. Dua dekade ia habiskan untuk mengenalkan angklung, khususnya pada anak-anak.

Kecintaannya pria yang akrab disapa Kak Samsul pada angklung sudah muncul sejak duduk di bangku SMA. Saat bersekolah di SMA PGRI 1, Samsul mulai aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler angklung. Ia berkenalan dengan pelatih angklung di sekolahnya, hingga akhirnya sang pelatih menjadi teman akrab.

Selepas SMA, Samsul yang masih suka nongkrong di sekolahnya sebagai alumni merasa yakin bisa mengajar angklung. Terlebih, cap sebagai senior yang piawai bermain angklung sudah tersemat padanya.

"Padahal saya baru belajar waktu itu. Tapi memang saya serius menekuni bidang ini. Saya pelajari secara mendalam walaupun tahun 2000 itu kayaknya sumber belajarnya belum banyak," kenang Samsul saat ngobrol dengan kami.

Namun, pilihan hidup menjadi seniman saat itu boleh jadi dihadapkan dengan berbagai risiko dan konsekuensi tak mudah. Bagaimana sih cara Samsul mengatasi konsekuensi demi konsekuensi atas pilihan hidupnya? Simak cerita Samsul yuk!

-

Meniti dari Pramusaji
Hal menarik dari pria kelahiran 1983 ini adalah perjalanan hidupnya. Tak sempat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, ia menaruh harapan bisa menjadi pelatih angklung di almamaternya, SMA PGRI 1. Hal itu sebenarnya sudah didapatkan. Namun, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia menjalankan profesi ini sembari bekerja sebagai pramusaji restoran.

Ia berpindah dari restoran ke restoran. Kegiatan mengajar dilakukannya pagi hingga sore hari. Sore ke malam atau malam ke pagi, ia bekerja sebagai pramusaji.

"Biasanya, dulu ambil shift tiga. Jadi, kerja tuh malam, pagi atau siangnya saya ngajar," kenang Samsul.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X