• Sabtu, 26 November 2022

Fakta Menarik Gelar Juara Thomas Cup yang Diraih Indonesia

- Senin, 18 Oktober 2021 | 12:30 WIB





Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan usai menjuaria Thomas cup 2021 di Denmark pada Minggu (17/10/2021). Ada sejumlah fakta dan cerita menarik di balik pencapaian ini.

Penantian 19 Tahun
Bagi Indonesia, gelar juara Thomas Cup ini mengakhir i19 tahun penantian. Terakhir kali Indonesia keluar sebagai juara pada 2002.

Bagi Indonesia, gelar ini adalah yang ke-14 sejak perhelatan Thomas Cup. Gelar pertama didapatkan Indonesia pada Thomas Cup 1958 di Singapura. Indonesia pun jadi negara paling sukses dalam daftar peraih gelar Thomas Cup.

Baca Ini Juga Yuk: Markis Kido dan Perjalanan Menarik Karier Bulu Tangkisnya

-

Perjalanan Berliku
Dalam Thomas Cup edisi kali ini, indonesia menyapu bersih tiga pertandingan di fase grup, satu pertandingan di perempat final, satu pertandingan di semifinal, serta satu laga di final.

Di fase grup, Indonesia menang telak 5-0 atas Aljazair, mengalahkan Thailand 3-2, dan menghantam Taiwan 3-2. Indonesia pun melenggang ke perempat final dengan status sebagai juara grup.

Kedigdayaan Indonesia berlanjut. Di babak perempat final, Indonesia menang dengan skor 3-0 atas Malaysia. Di semifinal, Indonesia menyingkirkan tuan rumah Denmark dengan skor 3-1. Di fase ini, Indonesia sempat kalah dalam partai pertama, tapi Merah Putih bangkit dan menyapu bersih tiga laga berikutnya.

Di babak final, Indonesia benar-benar digdaya mengalahkan China dengan skor 3-0. Kemenangan pertama diraih lewat tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting atas Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16.

-

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X