• Sabtu, 26 November 2022

Cerita Tersembunyi dari Puskesmas Saat Pandemi

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 15:30 WIB





Puskesmas jadi salah satu tempat paling sibuk di tengah masyarakat. Saat pandemi COVID-19 melanda, kesibukan di puskesmas pun semakin menjadi.

Namun, tak banyak cerita dari puskesmas yang terungkap ke permukaan. Selama ini, yang lebih tersorot adalah rumah sakit, termasuk rumah sakit darurat.

Beritabaik.id berkesempatan berbincang dengan Kepala Puskesmas Dago, Kota Bandung, dr. Widid Yuliawati Endeng Wulung. Ada beberapa hal menarik yang menarik untuk diulas.

Soal kesibukan, para petugas puskesmas jelas sangat padat. Sejak pelayanan dibuka hingga ditutup, pasien selalu berdatangan tak henti-henti. Kondisi ini bertambah pelik begitu pandemi menghampiri.

Dengan SDM terbatas, mereka yang bekerja di puskesmas harus memberi pelayanan semaksimal mungkin. Saat pandemi terjadi, pekerjaan mereka pun bertambah.

"Sebenarnya pelayanan (di puskesmas) bukan cuma COVID-19 aja kan, non COVID-19 juga. Jadi, maksudnya kita bener-bener kayak harus jadi berbagi pelayanan COVID-19 dan non COVID-19," ujar Wiwid.

Puskesmas sendiri biasanya melayani pasien dengan berbagai penyakit. Selain itu, ada berbagai program yang dijalankan, mulai dari vaksinasi balita, sosialisasi pencegahan tuberculosis hingga HIV, sampai sekarang berkutat melayani pasien COVID-19 dan vaksinasi massal.

"Kan urusannya tuh nambah banyak gitu ya istilahnya," ungkap Wiwid.

Namun, menjadi pelayan masyarakat membuat orang-orang yang bekerja di puskesmas tetap menjalaninya. Berbagai tugas yang harus dikerjakan akan dikerjakan semaksimal mungkin. Harapannya, warga bisa tetap terlayani di tengah kesibukan yang dijalani.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X