• Sabtu, 26 November 2022

Kolaborasi Lintas Organisasi Hadirkan Rumah Isoman di Bandung

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:21 WIB





Sepintas, Kantor Kelurahan Cikutra di Jalan Sukasenang, Kota Bandung, sama seperti kantor kelurahan pada umumnya. Namun, jika ditelisik lebih dalam, kantor ini punya tempat menarik untuk diulas.

Jumlah orang yang wara-wiri di sini sangat dibatasi di masa PPKM. Apalagi, sebagian pegawai kelurahan menjalani work from home alias bekerja dari rumah. Sehingga, aktivitas di sini terkesan minimalis.

Beritabaik.id kemudian bertemu Lurah Cikutra Asri Desiyani, M.AP. Ia mengajak kami ke ruang kerjanya. Perbincangan hangat terjadi dan kami langsung bertanya seputar ruang isolasi mandiri (isoman) yang dikelola Kelurahan Cikutra.

"Mau lihat langsung ke sana?" tanya Asri usai memberi penjelasan singkat beberapa menit.

Ia menuntun kami menuju tempat yang dimaksud. Lokasinya tak jauh dari ruang kerja Asri karena masih ada di satu area yang sama. Tempatnya berupa aula yang 'disulap' jadi tempat isoman.

Tempatnya tak luas, tapi juga tak bisa disebut kecil. Enam ranjang dengan kasur dan bantal berwarna abu ditata berjarak di sana. Di setiap ranjang terdapat lemari kecil di sampingnya dan gorden yang bisa sewaktu-waktu digeser mengelilingi area tempat tidur.

Dua alat bantu oksigen berwarna biru juga tersimpan dan bisa digunakan kapan saja. Ada juga vitamin dan obat-obatan di meja, televisi, dispenser lengkap dengan air minum kemasan galon, kipas angin, proyektor, hingga jaringan nirkabel alias WiFi.

Di sini, dengan segala fasilitasnya, diharapkan membuat pasien isoman yang perlu menjalani isoman bisa merasa nyaman. Sehingga, tempat ini sekaligus jadi sarana merenda asa kesembuhan bagi mereka yang tak memungkinkan menjalani isoman di rumahnya.

"Kayaknya tuh orang berpikir lebih enak di rumah gitu kan daripada harus di mana gitu. Cuma kan yang kita takutkan itu yang rumahnya tidak memenuhi syarat, rumahnya hanya segitu-gitunya, terus (tinggal) beserta keluarganya juga banyak. Kan enggak mungkin juga rumahnya kecil, misalkan di situ yang tinggalnya delapan orang, tapi yang sakit satu, takutnya malah nanti (menular)," kata Asri.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X